Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 17:23 WIB | Senin, 07 Februari 2022

Atlet Ski Swiss Gagal Raih Emas Nomor Downhill

Atlet Ski Swiss Gagal Raih Emas Nomor Downhill
Beat Feuz, atlet ski dari Switss di Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, China, hari Senin (7/2) di Distrik Yanqing, Beijing. (Foto: AP/Alessandro Trovati)
Atlet Ski Swiss Gagal Raih Emas Nomor Downhill
Beat Feuz, dari Swiss, menendang skinya setelah menyelesaikan downhill putra di Olimpiade Musim Dingin 2022, Senin, 7 Februari 2022. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)
Atlet Ski Swiss Gagal Raih Emas Nomor Downhill
Perolehan medali di Olimpiade Musim Dingin, Beijing, Senin (7/2).

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Beat Feuz, atlet ski asal Swiss, akhirnya kehilangan satu kemenangan besar dari koleksi prestasinya yang melimpah, yaitu emas Olimpiade.

Pemain ski bertubuh kecil asal Swiss ini menguasai jalur rumit yang belum pernah dilombakan sebelumnya oleh pemain terbaik dunia dan dia finish tipis 0,10 detik di depan Johan Clarey dari Prancis yang berusia 41 tahun pada Olimpiade Musim Dingin, hari Senin (7/2).

“Saya tidak bisa memikirkan sesuatu yang lebih indah daripada terbang pulang dengan medali emas di leher saya,” kata Feuz.

Feuz memenangkan medali perak di super-G dan perunggu di downhill di Olimpiade 2018 dan merupakan juara downhill Piala Dunia empat kali. Dia juga memenangkan gelar dunia menuruni bukit pada tahun 2017 dan memegang rekor karir 45 podium Piala Dunia dalam disiplin olah raga tercepat.

“Cuacanya sempurna, tidak ada angin, dan saya hanya berdiri dengan sempurna di atas ski,” kata Feuz. “Olimpiade adalah hal yang besar. ... Hari ini semuanya datang bersama-sama.”

Clarey menjadi orang tertua yang memenangkan medali Olimpiade di ski Alpine. Yang tertua sebelumnya adalah Bode Miller, yang berusia 36 tahun ketika ia meraih perunggu di super-G pada tahun 2014.

“Ketika Anda seorang peraih medali (apakah Anda berusia 20 atau 41 tahun, itu tidak masalah,” kata Clarey. “Ini hanya medali Olimpiade. Itu sudah menjadi kenangan yang bagus.”

Juara Olimpiade dua kali, Matthias Mayer, dari Austria tertinggal 0,16 dan menambahkan medali perunggu untuk pencapaian karirnya.

Sudah beberapa pekan untuk Feuz yang tingginya 1,72 meter, yang berada di urutan kedua dalam klasemen menurun musim ini: Putri keduanya lahir, ia memenangkan Piala Dunia paling bergengsi di Kitzbühel, Austria, dan sekarang dia memiliki medali emas Olimpiade.

Feuz akan menjadi penantang medali lainnya di super-G hari Selasa. Kemudian dia akan terbang kembali ke Swiss. "Dalam 40 jam, saya tak sabar untuk berada di rumah dan membawa keluarga saya kembali ke pelukan saya," katanya.

Saat mencapai garis finish, Feuz melemparkan skinya ke udara lalu menangkapnya dengan satu gerakan cepat, sebuah penghargaan untuk mantan downhiller Swiss, Didier Cuche, yang biasa melakukan selebrasi dengan cara itu.

Aleksander Aamodt Kilde dari Norwegia, pilihan populer untuk menang karena ia memimpin klasemen menurun Piala Dunia dan tercepat dalam sesi latihan hari Jumat, finis di urutan kelima, setengah detik di belakang Fuez.

“Saya memiliki harapan yang tinggi untuk diri saya hari ini, tetapi itu tidak berjalan 100% seperti yang direncanakan,” kata Kilde.

Perlombaan awalnya dijadwalkan pada hari Minggu tetapi ditunda sehari karena angin kencang di The Rock Course. Angin tidak terlalu menjadi masalah pada hari Senin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home