Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:56 WIB | Kamis, 08 Oktober 2015

Australia Bantu Indonesia Swasembada Sapi

Kepala BKPM Franky Sibarani (kanan) bersalaman dengan Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Barnaby Joyce (kiri). (Foto: BKPM)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia Barnaby Joyce menyatakan akan membantu upaya Indonesia untuk melakukan swasembada sapi dan terus meningkatkan kerja sama ekonomi dalam bidang pangan yang selama ini terus terjalin.

Khusus untuk pengembangan swasembada sapi, kedua negara sudah memiliki program kemitraan Indonesia-Australia Partnership in Food Security on Red Meat and Cattle Sector (cattle partnership).

Menteri Barnaby mengatakan pihaknya siap membantu Indonesia dalam mewujudkan program swasembada sapi tersebut.

"Australia dapat berperan dalam bidang riset genetik dan pengembangan breeding. Asalkan diberikan waktu yang cukup, maka kami siap mendukung program pemerintah Indonesia," kata dia dalam pertemuan dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani di Jakarta, rabu (7/10).

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga mengatakan pemerintah Indonesia merencanakan untuk mengalokasikan lahan seluas 1 juta hektar untuk pengembangan peternakan sapi di Indonesia.

"Dari hitungan pakar di pihak kami, untuk mendukung program swasembada sapi dibutuhkan sapi indukan sebanyak 450.000 ekor," katanya. 

Dalam kegiatan marketing investasi di Australia, Agustus lalu, BKPM menerima komitmen investasi senilai 652 juta dolar AS dari 10 perusahaan yang bergerak di sektor industri galangan kapal, industri kimia, sektor migas dan fasilitas kepelabuhanan.

Ke-10 investor Australia itu diharapkan dapat dipertemukan dengan mitra potensial dari Indonesia.

BKPM sendiri akan memfasilitasi pertemuan tersebut saat kunjungan lanjutan Kepala BKPM ke Australia, November mendatang. Selain itu, Menteri Perdagangan dan Investasi Australia, Andrew Robb juga akan memimpin delegasi 250 pengusaha Australia untuk berkunjung ke Indonesia pada tanggal 17-21 November 2015. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home