Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:09 WIB | Jumat, 05 Juni 2015

Australia Canangkan Gerakan Tanam Satu Pohon Per Anak

Gerakan Menanam Satu Pohon Per Anak dilakukan di Bondi Beach Sydney. (Foto: ABC News/Jake Sturmer)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Federal Australia mendukung gerakan menanam pohon nasional dengan memberikan dana 300.000 dolar Australia (sekitar Rp 3 miliar) untuk menanam 100.000 pohon.

Program "Satu Pohon Per Anak" ini akan melibatkan dewan pemerintahan lokal (local councils) guna membantu anak-anak sekolah menanam pohon di lahan milik negara.

Langkah ini dilakukan sehari setelah Mantan Sekjen PBB Kofi Annan mengeluarkan kecaman keras bahwa Australia tidak cukup melakukan banyak tindakan untuk mengatasi perubahan iklim.

Menteri Lingkungan Australia Greg Hunt hadir dalam peluncuran program menanam pohon ini di Bondi Beach Sydney.

"Program Satu Pohon Per Anak ini merupakan puncak dari apa yang ingin kita lakukan karena ini akan melibatkan anak-anak di Australia untuk menanam pohon di komunitas mereka, di sekolah mereka," kata Hunt seperti dilansir radioaustralia.net.au, Jumat (5/6).

"Dan bila setiap anak dapat melakukannya, maka itu akan membuat perubahan, namun yang lebih penting lagi mengubah cara kita berpikir," kata dia.

Pendiri gerakan "Satu Pohon Per Anak" ini, artis Olivia Newton-John mengatakan memberi pendidikan lingkungan kepada anak-anak akan berdampak panjang. "Saya kira penting sekali anak-anak terlibat," katanya.

"Ini memberi kesempatan kepada mereka untuk terlibat dalam kegiatan komunitas lokal, dan melakukan kerja suka rela, membantu lingkungan, menciptakan habitat, mengurangi erosi dan menyediakan oksigen, hal yang paling penting," kata dia.

"Saya kira seluruh negara di dunia masih dapat melakukan banyak hal untuk lingkungan, tidak hanya Australia," dia menambahkan.

Newtown-John telah menanam 10.000 pohon di areal properti miliknya di Byron Bay dan program itu bertekad untuk menanam dua juta pohon pada tahun 2020.

"Menyenangkan sekali melihat kemajuan pertumbuhan pohoh, melihat mereka dari tahun ke tahun tumbuh," kata Newton-John lagi.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home