Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:34 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

Australia Cari Negara Baru Tampung Pencari Suaka

Relawan Pusat Layanan Migran Suriah memeriksa dokumen pendaftaran pengungsi UNHCR yang dibawa anggota keluarga mereka. (Foto: australiaplus.com)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM - Australia, hari Selasa (6/10), mengatakan pihaknya mencari negara baru untuk menampung pengungsi setelah mengonfirmasi hanya empat imigran yang sudah pindah ke Kamboja.

Di bawah kebijakan garis keras yang diterapkan selama beberapa hari, Canberra menolak menampung pencari suaka yang tiba dengan perahu tidak berizin di Australia. Pihaknya malah mengirim mereka ke Nauru atau pulau Manus di Papua Nugini.

Para pengungsi di Manus bisa ditampung di Papua Nugini dan pengungsi yang berada di Nauru memiliki pilihan untuk memulai kehidupan baru di Kamboja. Namun, hanya ada empat orang yang memilih pilihan terakhir.

Kamboja setuju untuk menerima pengungsi yang tidak diinginkan Australia sebagai ganti bantuan jutaan dolar selama empat tahun ke depan, dalam sebuah perjanjian yang dikecam kelompok HAM dan PBB.

“Kami berupaya – dan sudah sejak lama – mengupayakan pilihan bilateral lainnya,” kata Menteri Imigrasi Australia, Peter Dutton kepada lembaga penyiaran nasional ABC.

Dia tidak merinci negara mana yang mereka pertimbangkan. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home