Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:08 WIB | Jumat, 18 September 2015

Belasan Pencari Suaka Tiba di Slowakia dari Austria

Ilustrasi: Imigran berangkat menggunakan kereta api dari Budapest, Hungaria, tidak lama sebelum tiba di stasiun kereta Westbahnhof di Wina pada 31 Agustus 2015. (Foto: AFP)

GABCIKOVO, SATUHARAPAN.COM - Hanya 18 dari 500 pencari suaka Suriah yang disetujui masuk Slowakia pada hari Kamis (17/9).

Kedatangan tersebut disetujui dalam kesepakatan dengan Austria dan memicu protes di desa tempat para pencari suaka akan menetap sementara waktu.

Bergantung pada apakah permintaan suaka mereka diakui, warga Suriah tersebut akhirnya akan kembali ke Austria atau dideportasi dari Uni Eropa, kata juru bicara kementerian dalam negeri Slowakia, Michaela Paulenova, kepada AFP.

Ke-18 orang tersebut diangkut dengan bus dari Salzburg Austria ke sebuah kamp perlindungan sementara di Gabcikovo, sebuah desa di Slowakia bagian barat daya. Sebanyak 500 pencari suaka sementara waktu ditampung di Gabcikovo melalui kesepakatan dengan Wina.

“Jumlah ini akan meningkat dalam dua tahun berikutnya. Kami tidak memiliki informasi tentang berapa banyak pencari suaka dan kapan mereka akan tiba. Itu terserah kementerian dalam negeri Austria,” kata Paulenova.

Gabickovo pada bulan lalu menggelar referendum yang menghasilkan 97 persen suara penolakan terhadap kamp suaka sementara tersebut. Meski demikian, kementerian dalam negeri “tidak dituntut untuk mengikuti hasilnya”, kata Paulenova. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home