Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Selasa, 16 November 2021

Austria Berlakukan Lock Down bagi Yang Belum Divaksin COVID-19

Anak-anak menunggu bersama orang tua mereka untuk menerima vaksin Pfizer melawan penyakit COVID-19. Vaksinasi resmi untuk anak usia 5-12 tahun dimulai hari Senin (15/11) di Wina, Austria. (Foto: AP/Lisa Leutner)

WINA, SATUHARAPAN.COM-Austria memberlakukan “lock down” nasional terhadap warga yang tidak divaksinasi COVID-19. Inin langkah "dramatis" yang diambil hari Senin (15/11) untuk mencegah kebangkitan pandemi.

Langkah tersebut, yang mulai berlaku pada tengah malam, melarang orang berusia 12 tahun ke atas yang belum divaksinasi atau baru saja pulih dari COVID-19 meninggalkan rumah mereka kecuali untuk kegiatan dasar seperti bekerja, berbelanja bahan makanan, pergi ke sekolah atau universitas atau berjalan-jalan, atau divaksinasi.

Penguncian awalnya diberlakukan hingga 24 November di negara Alpen berpenduduk 8,9 juta jiwa itu, Namun itu tidak berlaku untuk anak-anak di bawah 12 tahun, karena mereka belum dapat secara resmi divaksinasi. Dan ibu kota, Wina, pada hari Senin membuka vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun sebagai bagian dari proyek percontohan dan melaporkan adanya permintaan yang tinggi.

Para pejabat mengatakan patroli dan pemeriksaan polisi akan ditingkatkan dan orang-orang yang tidak divaksinasi dapat didenda hingga 1.450 euro (US$ 1.660) jika mereka melanggar penguncian.

“Kami benar-benar tidak mengambil langkah ini dengan mudah dan saya tidak berpikir itu harus dibicarakan,” kata Kanselir Alexander Schallenberg kepada radio Oe1. “Ini langkah dramatis, sekitar dua juta orang di negara ini terpengaruh. ... Apa yang kami coba adalah tepatnya untuk mengurangi kontak antara yang tidak divaksinasi dan yang divaksinasi seminimal mungkin, dan juga kontak antara yang tidak divaksinasi.”

“Tujuan saya sangat jelas untuk membuat mereka yang tidak divaksinasi mendapatkan vaksinasi dan tidak mengunci mereka yang divaksinasi,” tambah Schallenberg.

“Dalam jangka panjang, jalan keluar dari lingkaran setan yang kita masuki ini, dan ini adalah lingkaran setan, kita tersandung dari gelombang ke penguncian dan itu tidak dapat terus berlanjut, hanya vaksinasi.”

Sekitar 65% populasi Austria divaksinasi sepenuhnya, tingkat yang digambarkan Schallenberg sebagai "sangat rendah." Seluruh siswa di sekolah, baik yang sudah divaksinasi maupun tidak, kini diwajibkan mengikuti tiga tes COVID-19 per pekan, setidaknya salah satunya tes PCR.

Pemimpin oposisi sayap kanan Partai Kebebasan berjanji untuk memerangi pembatasan baru dengan "semua sarana parlementer dan hukum yang kami miliki." Herbert Kickl mengatakan bahwa “dua juta orang praktis dipenjara tanpa melakukan kesalahan apa pun.”

Pada hari Senin, Kickl mengumumkan di Facebook bahwa ia telah dites positif COVID-19 dan harus mengasingkan diri selama 14 hari, sehingga ia tidak akan dapat menghadiri protes di Wina yang direncanakan pada hari Sabtu mendatang.

Pihak berwenang khawatir tentang meningkatnya infeksi dan meningkatnya tekanan pada rumah sakit. Austria pada hari Senin mencatat 894,3 kasus baru per 100.000 penduduk selama tujuh hari sebelumnya. Itu jauh lebih buruk daripada negara tetangga Jerman, yang telah menetapkan rekor pandeminya sendiri akhir-akhir ini, dan memiliki 303 kasus baru per 100.000 penduduk selama tujuh hari.

Berlin pada hari Senin menjadi yang terbaru dari beberapa negara bagian Jerman untuk membatasi akses ke restoran, bioskop, museum dan konser untuk orang-orang yang divaksinasi atau baru saja pulih dan menutup orang lain yang tidak divaksinasi, bahkan mereka yang dites negatif. Warga di bawah 18 tahun dikecualikan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home