Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:40 WIB | Rabu, 16 September 2015

Bahasa Kuno Aborigin Tak Kenal Angka di Atas 5

Bumerang dipergunakan sebagai kata yang merujuk pada angka tujuh. (Foto: Jason McCarthy/National Museum of Australia)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM - Jurnal Proceedings of the Royal Society B, pada hari Rabu (16/9) mempublikasikan hasil penelitian bahwa bahasa kuno Aborigin di Australia ternyata hanya mengenal angka sampai angka lima. Namun belakangan bahasa ini berkembang dan kata untuk angka tujuh, misalnya, merujuk pada bentuk bumerang.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa bahasa kuno penduduk Australia tidak statis melainkan menyesuaikan diri pada kebutuhan terhadap kata-kata baru.

Penelitian ini merupakan kolaborasi yang dipimpin Professor Claire Bowern dan Kevin Zhou dari Universitas Yale.

Dr Bowern, yang merupakan lulusan Australian National University, menggunakan data yang ia kumpulkan selama delapan tahun berupa 750 ribu kata yang dipergunakan oleh sekitar 400 bahasa Aborigin.

Penelitian ini fokus pada sistem angka dalam rumpun bahasa Pama-Nyungan, yang mencakup hampir 70 persen bahasa asli Australia.

Tim peneliti menerapkan metode analisa yang biasa dipergunakan dalam bidang biologi evolusi untuk merekonstruksi asal-usul bahasa Aborigin saat ini.

"Dengan metode rekonstruksi ini kita bisa mengetahui bagaimana bahasa ini dipergunakan 5000 tahun silam," kata Dr Bowern sebagaimana dikutip Australia Plus.

Dijelaskan, bahasa yang dipergunakan manusia dari era berburu dan mengumpul makanan masih memiliki keterbatasan dalam konsep angka. "Hampir semua bahasa aborigin memiliki batasan angka tertinggi," katanya.

Dr Bowern menjelaskan, batasan ini bervariasi namun umumnya angka tertinggi yang mereka pergunakan adalah angka lima. "Namun ada beberapa komunitas yang mengenal konsep angka di atas 10," katanya.

Hal itu, kata Dr Bowern, masuk akal jika tidak ada kebutuhan untuk menghitung lebih dari batasan jumlah yang kecil. Namun demikian, penelitian ini menunjukkan sejumlah bukti bahwa bahasa aborigin dewasa ini telah beradaptasi.

"Mereka menciptakan konsep angka berdasarkan bentuk simbol angka dalam bahasa Inggris," katanya. Ia mencontohkan, kata "tujuh" merujuk pada bentuk bumerang yang berbentuk simbol angka tujuh. (australiaplus.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home