Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:38 WIB | Kamis, 17 Februari 2022

Banjir dan Tanah Longsor di Kota Petropolis, Brasil, 94 Tewas

Banjir dan Tanah Longsor di Kota Petropolis, Brasil, 94 Tewas
Pemandangan dari udara menunjukkan lingkungan yang terkena tanah longsor di Petropolis, Brasil, hari Rabu, 16 Februari 2022. Hujan deras memicu tanah longsor dan banjir di wilayah pegunungan negara bagian Rio de Janeiro, menewaskan banyak orang, pihak berwenang melaporkan. (Foto-foto: AP/Silvia Izquierdo)
Banjir dan Tanah Longsor di Kota Petropolis, Brasil, 94 Tewas
Petugas penyelamat dan penduduk mencari korban di daerah yang terkena tanah longsor di Petropolis, Brasil, Rabu, 16 Februari 2022.

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah negara bagian Rio de Janeiro, Brasil, telah mengkonfirmasi 94 kematian akibat banjir dan tanah longsor yang menyapu rumah dan mobil di kota Petropolis itu. Tetapi ketika keluarga bersiap untuk menguburkan mayat mereka, belum jelas pada hari Kamis (17/2) berapa banyak mayat yang masih terperangkap di lumpur.

Rubens Bomtempo, wali kota Rio de Janeiro yang terletak di pegunungan, bahkan tidak memberikan perkiraan jumlah orang yang hilang, dengan upaya pencarian masih berlangsung. "Kami belum tahu skala penuh," kata Bomtempo pada konferensi pers hari Rabu. “Itu adalah hari yang sulit, hari yang sulit.”

Lebih dari 24 jam setelah banjir mematikan pada hari Selasa pagi, para penyintas menggali untuk menemukan orang-orang terkasih yang hilang. Kantor kejaksaan Rio de Janeiro mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam bahwa mereka telah menyusun daftar 35 orang yang belum ditemukan.

Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan arus deras banjir menyeret mobil dan rumah melalui jalan-jalan dan air berputar-putar di kota.

Satu video menunjukkan dua bus tenggelam ke sungai yang meluap ketika penumpangnya berusaha keluar lewat jendela, berebut untuk mencari keselamatan. Beberapa tidak berhasil sampai ke tepi dan hanyut, hilang dari pandangan.

Pada hari Rabu pagi, rumah-rumah dibiarkan terkubur di bawah lumpur sementara peralatan dan mobil berserakan di jalanan.

Kota Petropolis, dinamai demikian terkait mantan kaisar Brasil, telah menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang yang melarikan diri dari panasnya musim panas dan turis yang ingin menjelajahi apa yang disebut "Kota Kekaisaran."

Kemakmurannya juga telah menarik penduduk yang lebih miskin dari daerah-daerah miskin di Rio. Populasinya tumbuh sembarangan, menempati lereng gunung dan sekarang ditutupi dengan tempat tinggal kecil berdempetan. Banyak di antara rumah itu berada di daerah yang tidak layak untuk dibangun dan menjadi lebih rentan oleh deforestasi dan drainase yang tidak memadai.

Pemadam kebakaran negara bagian mengatakan 25,8 sentimeter (lebih dari 10 inci) hujan turun dalam tiga jam pada hari Selasa, hampir sebanyak curah hujan selama 30 hari sebelumnya. Gubernur Rio de Janeiro, Claudio Castro, mengatakan dalam konferensi pers bahwa hujan itu adalah yang terburuk yang pernah dialami Petropolis sejak 1932.

“Tidak ada yang bisa memprediksi hujan sehebat ini,” kata Castro. Lebih banyak hujan diperkirakan akan turun sepanjang sisa pekan ini, menurut peramal cuaca.

Castro menambahkan bahwa hampir 400 orang kehilangan tempat tinggal, dan 24 orang ditemukan hidup-hidup. Mereka beruntung, dan jumlahnya sedikit.

“Saya hanya bisa mendengar saudara laki-laki saya berteriak, ‘Tolong! Bantu! Ya Tuhan!'” kata penduduk Rosilene Virginia kepada The Associated Press ketika seorang pria menghiburnya. “Sangat menyedihkan melihat orang meminta bantuan dan kita tidak memiliki cara untuk membantu, tidak ada cara untuk melakukan apa pun. Ini putus asa, perasaan kehilangan yang begitu besar.”

Wilayah pegunungan yang dilanda bencana itu telah mengalami bencana serupa dalam beberapa dekade terakhir, termasuk yang menyebabkan lebih dari 900 kematian.

Pada tahun-tahun sejak itu, Petropolis mempresentasikan rencana untuk mengurangi risiko tanah longsor, tetapi pekerjaan berjalan lambat. Rencana yang dipresentasikan pada tahun 2017, didasarkan pada analisis yang menetapkan bahwa 18 persen wilayah kota berisiko tinggi terhadap tanah longsor dan banjir.

Pihak berwenang setempat mengatakan lebih dari 180 penduduk yang tinggal di daerah berisiko berlindung di sekolah. Lebih banyak peralatan dan tenaga kerja diharapkan dapat membantu upaya penyelamatan pada hari Kamis (17/2).

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menyatakan solidaritas saat dalam perjalanan ke Rusia. Balai kota Petropolis mengumumkan tiga hari berkabung atas tragedi tersebut.

Brasil tenggara telah diguyur hujan lebat sejak awal tahun, dengan lebih dari 40 kematian tercatat antara insiden di negara bagian Minas Gerais pada awal Januari dan negara bagian Sao Paulo pada akhir bulan yang sama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home