Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Senin, 01 April 2024

Banjir dan Tanah Longsor Landa Kabupaten Luwu dan Kota Palopo

Kondisi banjir di Kota Palopo hari Jumat (29/3). (Foto: BPBD Kota Palopo)

PALOPO, SATUHARAPAN.COM-Banjir melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Banjir dipicu hujan lebat disertai pasang air laut sehingga menyebabkan banjir pada hari Jumat, (29/3).

Banjir setinggi 20 hingga 50 Cm merendam wilayah desa Tanarigella, Sakti, Padang Kalua, Barowa, Pabbarasseng, Pammesakang, Karang-Karangan, Toddopuli di kecamatan Bua dan desa Parekaju di Kecamatan Parekaju.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Luwu, dampak kejadian banjir mengakibatkan 314 keluarga terdampak, dan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Kerugian materil tercatat sebanyak 314 rumah terendam, dua unit fasilitas pendidikan terdampak, satu unit fasilitas kesehatan terdampak, dan kebun jagung dan area perawahan disekitar bantaran Sungai Bua rusak. Di desa Parekaju tanggul penahan tebing hanyut sepanjang 21 meter sehingga membuat kerusakan pada badan jalan.

Penanganan banjir dilakukan tim gabungan melakukan pertolongan dan membantu warga membersihkan sisa-sisa material bawaan banjir berupa lumpur. Kondisi terkini banjir berangsur surut.

Banjir dan Longsor di Kota Palopo

Selain Kabupaten Luwu, banjir dan longsor juga melanda Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Banjir setinggi 60 Cm hingga 150 Cm merendam wilayah kelurahan Pentojangan, Salubattang di Kecamatan Telluwanua, dan kelurahan Mawa di Kecamatan Sendana. 

Dampak banjir sebanyak 88 rumah terendam. Banjir terjadi setelah curah hujan dengan intensitas tinggi pada hari Jumat (29/3).

Informasi dari Pusdalops BNPB banjir terjadi pukul 22:00 WITA mengakibatkan 88 kepala keluarga terdampak, dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. BPBD setempat melakukan penanganan banjir dan informasi terkini banjir telah surut.

Sementara itu, bencana longsor terjadi di Kota Palopo berlokasi di jalan Poros latuppa KM 08, Kelurahan Latupa, Kecamatan Mungkajang. Bencana longsor dipicu curah hujan deras pada pukul 01:00 WITA.

Tanah longsor menutupi badan jalan sepanjang 20 meter di poros Latuppa KM 08 pada hari Sabtu (30/3). Tim gabungan segera melakukan perbaikan jalan yang tertutup longsor. Kondisi terkini badan jalan sudah terbuka dan sudah bisa dilalui kendaraan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home