Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:08 WIB | Senin, 13 Januari 2014

Banjir di Sejumlah Kawasan Jabodetabek, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang

Debit air Sungai Ciliwung meninghkat di Bendung Katulampa. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Hujan deras sejak hari Sabtu (11/1) malam hingga Senin (13/1) ini di kawasan Jakarta dan sekitarnya telah menimbulkan banjir di beberapa kawasan, terutama pada daerah-daerah di dekat aliran sungai. Banjir terjadi karena luapan air.

Di Bogor, ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor terus naik sejak hari Minggu (12/1) pagi dan memaksa sejumlah kawasan di Depok dan Jakarta untuk siaga. Kenaikan air juga terjadi dengan cepat di Pintu Air Depok.

Banjir terjadi juga di beberapa ruas jalan dan menghambat lalu lintas p-ada Senin pagi ini. Ruas jalan yang tergenang adalah Jalan TB Simatupang (jalan arteri menuju Pondok Indah), Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jalan Tol Jagorawi di Kilometer 4 akibat luaspan saluran air di kedua sisi jalan.

Ruas jalan lain yang terkena banjir adalah Jalan Raya Jagakarsa (Pasar Lenteng Agung), Jl Kramat Jaya, Jakarta Utaram, jalur Kampung Melayu - Tebet (di depan kompleks Gudang peluru), Jl Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Citraland, Grogol, Jl Tubagus Angke arah ke Pesing, Jakbar,  Jl Daan Mogot, di dekat Samsat Jakarta Barat, Jl. Raya Hek Jakarta Timur.

Banjir di Bekasi

Beberapa perumahan di Bekasi yang tertimpa banjir adalah Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jati Asih, Perumahan Dosen IKIP Pondok Gede, Perumahan Nasio Pondok Gede, Kemang IFI Jati Asih, Perumahan Taman Kartini Bekasi Timur, Perumnas III, Perumahan Duren Jaya, Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK) Bekasi Selatan, Perumnas 1, Perumahan Narogong, Perumahan Pejuang Jaya Medansatria, dan Perumahan Harapan Indah.

Bahkan banjir telah terjadi sejak Minggu di Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK), Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dan di Perumahan Duren Jaya, Kecamatan Duren Jaya. Banjir ini akibat luapan Kali Bekasi yang mengalir dari Pintu Air Prisdo.

Banjir di Jakarta

Di Jakarta, banjir menimpa perumahan di RT 010/ RW 07 Kelurahan Pekayon, Kec Pasar Rebo, Jakarta Timur. Banjir juga menimpa perumahan di Kampung Melayu, di Cililitan Kecil I, Kramat Jati, serta rumah-rumah di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Cuaca pada hari Senin pagi yang masih mendung  tebal dan gerimis di beberapa kawasan, serta potensi besar hujan akan turun, diperkirakan beberapa kawasan masih akan menghadapi masalah banjir dan genangan. Di sejumlah kawasan, banjir juga belum menunjukkan air surut. Sementara air sungai yang mengalir ke Jakarta masih cukup deras.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home