Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:49 WIB | Jumat, 08 Juli 2022

Banjir Melanda Lima Desa di Gresik Akibat Tanggul Waduk Wotan Jebol

Lima desa di wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur terendam banjir akibat tanggul Waduk Wotan jebol pada Rabu, (6/7). (Foto: BPBD Kabupaten Gresik)

GRESIK, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak lima desa di wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur terendam banjir akibat tanggul Waduk Wotan jebol pada hari Rabu, (6/7). 

Berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops BNPB, lima desa yang terdampak adalah Desa Sukorejo dan Gedangan di Kecamatan Sidayu, kemudian Desa Petung, Wotan dan Dalegan di Kecamatan Panceng. Total sebanyak 447 Kepala Keluarga (KK) terdampak. 

Tim Kaji Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik mencatat 447 unit rumah, empat unit fasilitas umum, 116 hektare sawah dan 6,2 hektare tambak terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi mulai 10 hingga 70 Centimeter. 

Banjir dipicu hujan oleh intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kecamatan Sidayu dan Panceng yang menyebabkan debit air Waduk Wotan mengalami peningkatan dan jebol hingga air menggenangi jalan desa serta pemukiman warga di sekitar lokasi waduk.

Merespon kejadian ini, tim BPBD Kabupaten Gresik dan Provinsi Jawa Timur melakukan assesment di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. 

Petugas BPBD dibantu TNI, POLRI, perangkat kecamatan, perangkat desa, Tagana, PMI, LPBI, dan masyarakat setempat bergotong royong membuat tanggul mandiri serta mendirikan tenda dapur umum di Balai Desa Petung. Petugas juga membantu untuk menyelamatkan dan evakuasi hewan ternak warga.

Kondisi terkini di lokasi banjir, genangan air berangsur surut namun petugas masih terus melakukan pemantauan ketinggian debit air di beberapa titik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home