Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 21:02 WIB | Sabtu, 21 Maret 2015

Bantu Anak Nyontek Saat Ujian, Ratusan Orang Tua Ditangkap

Bantu Anak Nyontek Saat Ujian, Ratusan Orang Tua Ditangkap
Orang tua dan para orang dewasa lainnya tampak memanjat dinding sekolah untuk mencapai jendela dalam upaya memberi jawaban soal kepada anak-anak atau kerabat mereka yang mengikuti ujian (Foto-foto: BBC)
Bantu Anak Nyontek Saat Ujian, Ratusan Orang Tua Ditangkap

BIHAR, SATUHARAPAN.COM -  Sekitar 300 orang telah ditangkap di negara bagian Bihar, India,  setelah muncul laporan kecurangan terang-terangan dalam ujian sekolah.

Orang tua dan para siswa, dalam foto yang telah mempermalukan India, tampak memanjat dinding sekolah  untuk menyampaikan jawaban soal ujian kepada anak-anak maupun kerabat mereka yang sedang mengikuti ujian.

Banyak dari mereka yang ditangkap itu adalah orang tua murid. Setidaknya 750 siswa telah dikeluarkan.

Ditaksir ada 1,4 juta siswa yang mengikuti ujian kelulusan di Bihar dan tes ini dianggap penting dalam mendapatkan peluang karier di masa depan.

Pihak berwenang sangat malu dengan kecurangan ini. Wartawan BBC Jill McGivering yang melaporkan kasus ini, mengatakan kejadian tersebut telah mendatangkan ejekan di media sosial.

Siswa terlihat menyalin jawaban dari lembar catatan yang diselundupkan, dan polisi dibujuk serta disuap untuk pura-pura tidak melihat kejadian.

Kecurangan dalam ujian dilaporkan umum di Bihar tapi jarang terlihat pada skala sebesar ini.

 Seorang pejabat memperingatkan orang tua bahwa mereka merugikan anak mereka sendiri dengan membantu mereka menipu

Selain melakukan penangkapan atas mereka yang membantu siswa melakukan kecurangan, ujian telah dibatalkan di empat tempat.

Ketua Menteri Bihar, Nitish Kumar, mengutuk kecurangan tetapi mengatakan foto-foto yang beredar tidak merupakan gambaran keseluruhan negara itu.

Ia memperingatkan orang tua bahwa membantu anak-anak mereka menipu hanya akan menyakiti mereka dalam jangka panjang.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home