Loading...
INSPIRASI
Penulis: Tjhia Yen Nie 01:32 WIB | Selasa, 14 Maret 2017

Banyaknya Angka Nol yang Menggoda

Memang sulit menakarkan kata "cukup" dalam diri manusia.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – ”Satu juta dolar jadi rupiah angka nol-nya ada berapa?”tanya seorang teman.

”Satu juta nolnya ada enam, kalau 1 juta dolar… ditambah empat nolnya, jadi sepuluh,”jawab saya.

”Kalo belasan juta dolar, nolnya jadi sebelas, dong… waduh... banyak sekali ya… buat pangan, sandang, papan sampai umur 100 tahun juga mungkin nggak habis... iya kalau hidup sampai 100 tahun.”

”Saya lihat di headline surat kabar tentang korupsi E-KTP, tapi baru sadar angka nolnya banyak sekali.”

Perbincangan ini terjadi saat kami mendengar berita tentang korupsi yang dilakukan beramai-ramai oleh pejabat.  Nama-nama terkenal yang menjadi wakil rakyat dan pemerintahan bermunculan dikabarkan ikut terlibat dalam korupsi ini.

Ternyata manusia memang tidak pernah puas, selalu ingin lebih dan lebih lagi. Melihat banyaknya angka nol berseliweran di depan mata, akhirnya tergoda.  Amanah yang seharusnya menjadi tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat, dipelintir untuk memperkaya diri yang sudah kaya.  Mungkin memang sulit menakarkan kata "cukup" dalam diri manusia, walaupun semua tahu bahwa harta bukan jaminan kebahagiaan apalagi kedamaian dan keselamatan.

Marilah kita bertelut atas ketidakberdayaan para pemimpin dan wakil kita dalam melawan nafsu ketamakan. Kiranya Sang Maha Pengampun menjernihkan hati mereka, juga hati kita semua yang menyaksikannya, karena hanya Dia, Sang Hakim Agung yang berhak menghakimi manusia.

Kembali ke perbincangan di atas, teman saya masih bertanya, ”Jadi, kalau angka nolnya lebih dari sepuluh… itu namanya apa?”

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home