Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 16:34 WIB | Selasa, 12 Agustus 2014

Basuki Ingin Anak Sekolah 5 Hari, Biar Ada Waktu Keluarga

Basuki Ingin Anak Sekolah Masuk 5 Hari, Biar Ada Waktu Untuk Keluarga (Foto: Dok.Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan kajian terhadap penambahan hari masuk sekolah. Sebab, pada penerapan kurikulum 2013, volume mata pelajaran menjadi lebih banyak. Sehingga untuk sekolah bertaraf nasional yang semula hanya masuk lima hari, ditambah menjadi enam hari.

Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama mengatakan, di Jakarta, Selasa (12/8), kurang setuju dengan penambahan hari masuk sekolah. Pasalnya, saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu sebaiknya memang digunakan untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga.

"Saya lebih cenderung lima hari. Biar ada waktu buat keluarga saat Sabtu-Minggu" katanya.

"Saya lebih cenderung lima hari. Biar ada waktu buat keluarga saat Sabtu-Minggu. Misalnya, ada undangan ke rumah saudara, kakek nenek, kan macam-macam. Dia juga bisa mengikuti kegiatan di luar yang dia suka. Toh, sampai Jumat juga pulang sore atau malam juga sama macet Jakarta," katanya

Diakui Basuki, rencana penambahan hari masuk sekolah ini dikarenakan diterapkannya kurikulum 2013. Sehingga volume mata pelajaran bertambah. Pemprov DKI Jakarta pun masih melakukan kajian terhadap rencana tersebut. "Masih dikaji. Itu karena kurikulum 2013 itu banyak. Kalau dipaksakan sampai Jumat sore," ujarnya.

Menurut Basuki, berdasarkan survei yang dilakukan baik siswa maupun orangtua murid lebih suka sekolah dimaksimalkan hingga hari Jumat. Bahkan mereka tidak mempermasalahkan jika jam masuk sekolahnya yang ditambah. "Tapi kan hasil survei orang lebih suka sampai Jumat, meski pulang sore sekalian," ucapnya.

Pihaknya pun masih mencari solusi bagi sekolah yang menerapkan dua shift. Karena jika ada dua shift, maka waktu yang ada tidak akan mencukupi. Untuk shift kedua siswa bisa pulang hingga pukul 21.00 WIB. "Nah, sekarang yang jadi masalah kalau sekolah yang dipakai dua shift. Makanya kita pertimbangkan itu. Tapi intinya, kita lebih sepakat capek-capek sekalian deh. Sampai Jumat. Saya juga gitu kerja," pungkasnya. (beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home