Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 11:20 WIB | Jumat, 02 Januari 2015

Basuki Lantik 6.511 Pejabat Eselon II,III dan IV

Basuki Lantik 6.511 Pejabat Eselon II,III dan IV
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama melantik 6.511 pejabat eselon II, III. (Foto-foto Endang Saputra).
Basuki Lantik 6.511 Pejabat Eselon II,III dan IV
Pelantikan Eselon II Kelompok Hindu.
Basuki Lantik 6.511 Pejabat Eselon II,III dan IV
Pelantikan Eselon II Kelompok Kristen.

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama hari ini Jumat (2/1) melantik 6.511 pejabat eselon II, III, dan IV, di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat.

Dalam pidato sambutannya Basuki mengatakan perombakan struktur organisasi Pemprov DKI Jakarta ini dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

“Ada beberapa jabatan yang akan ditambah seperti Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Wakil Kepala Dinas Kesehatan, Wakil Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP). Ada pun, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan dipecah menjadi dua yaitu Dinas PU Bina Marga dan Dinas PU Tata Air,” kata Basuki Saat memberikan sambutan di Monas.

Selain itu, Kata Basuki Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) akan dilebur dengan Dinas Tata Ruang menjadi Dinas Penataan Kota.

Lebih lanjut Basuki mengatakan dalam sumpah jabatan ini bahwa selain dihadiri para hadirin, disaksikan juga oleh Tuhan yang Maha Esa karena itu Tuhan Maha Pengetahui.

“Saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung dengan berupa atau dari apa pun, tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi sesuatu kepada siapa pun, bahwa saya akan setia dan taat kepada NKRI, bahwa saya akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus saya rahasiakan, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun yang saya tau atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya, bahwa saya dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa mementingkan negara daripada kepentingan saya sendiri, atau golongan, bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi negara, pemerintah, bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, dan semangat untuk kepentingan negara,” kata Basuki dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, sebagai gubernur DKI dengan ini resmi melantik saudara-saudara sebagai pejabat pratama dan jabatan administrasi, dan pengawas di lingkungan pemprov DKI Jakarta.

Dikatakan Basuki, Dengan sekitar 6000-an ini, dia telah memangkas sekitar 1.500 jabatan. Sebelumnya, ada 8.011 jabatan di lingkungan Pemprov DKI. Jabatan-jabatan yang dipangkas Basuki, di antaranya Kepala Seksi di Kelurahan, Wakil Lurah, dan Wakil Kepala Dinas Pariwisata.

Menurut Basuki pelantikan itu merupakan hasil dari seleksi penerimaan PNS bulan November tahun 2014 lalu sekaligus hasil dari perombakan dan perampingan struktur PNS di berbagai pos jabatan.

“Pemprov DKI melakukan pemangkasan jabatan karena selama ini struktur PNS dirasa terlalu gemuk. Saya menginginkan pelayanan yang prima kepada masyarakat menjadi prioritas ketimbang jumlah struktur yang gemuk,” katanya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home