Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Prasasta Widiadi 09:28 WIB | Rabu, 04 Desember 2013

Basuki Tjahaja Purnama: Bus Tingkat Guna Tingkatkan Pariwisata

Basuki Tjahaja Purnama: Bus Tingkat Guna Tingkatkan Pariwisata
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (foto: Prasasta)
Basuki Tjahaja Purnama: Bus Tingkat Guna Tingkatkan Pariwisata
Ilustrasi bus tingkat Werkudara, yang saat ini aktif digunakan sebagai transportasi oleh pemerintah Kota Surakarta (foto: solopos.co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Propinsi DKI Jakata mewacanakan mendatangkan bus tingkat awal tahun depan. Basuki Tjahaja Purnama selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan wacana tersebut pada Selasa (3/12) di kantornya di Jakarta.

Basuki mengatakan kedatangan bus tingkat tersebut guna meningkatkan pendapatan daerah pada sektor pariwisata.

“Untuk tahap awal, lima bus tingkat nantinya dioperasikan Januari (2014), siap melayani rute Tanah Abang - Bundaran Hotel Indonesia (HI),” kata mantan bupati Belitung Timur tersebut.

Basuki menjelaskan bahwa bus tersebut nantinya dipersiapkan yang tarif gratis dahulu, karena baru ada lima unit.

“Kita siapkan bus tingkat gratis yang floor dan deck nya pendek , itu yang kita mau lakukan seperti itu. Ini datang Januari kita mau coba ke Blok G Tanah Abang dulu, karena baru datang lima,” menurut Basuki.

Basuki tidak hanya akan uji coba rute Bundaran HI - Blok G, setelah itu juga akan ada tahap pengoperasikan bus tingkat dengan rute Monas - Blok M atau Kota Tua.

“Kita akan mengoperasikan bus tingkat dengan rute Monas - Blok M maupun Kota Tua. Tapi setelah jumlah armadanya memadai,” kata mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Basuki mengatakan bus tingkat ini ramah bagi penyandang disabilitas, karena pihaknya ingin mencontoh berbagai negara maju yang juga menyediakan fasilitas untuk pariwisata namun masih memperhatikan penyandang disabilitas.

“Kita ingin mencontoh kota maju seperti Singapura yang busnya ada untuk penyandang disabilitas. Itu yang kita lakukan, tapi bertahap,” lanjut Basuki.

Dalam kaitannya dengan transportasi umum, Basuki bersama dengan Pemprov DKI mendorong bus Kopaja untuk masuk jalur Transjakarta dengan syarat armada terlebih dahulu diremajakan.

"Dulu kita kesulitan di bus Transjakarta, makanya kita mendorong pada bus-bus Kopaja itu. Agar Transjakarta bisa cepat, kita juga menyediakan jalur-jalur utama,” lanjut Basuki. (beritajakarta.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home