Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:12 WIB | Kamis, 03 November 2016

Batal Demo ke Jakarta, Ribuan Muslim Tegal Pilih Doa Bersama

Ilustrasi. Pemimpin Front Pembela Islam, Muhammad Rizieq Shihab ketika berbicara pada sebuah demonstrasi Front Pembeli Islam menentang Ahok (Foto: Dedy Istanto)

TEGAL, SATUHARAPAN.COM – Sedikitnya 3.000-an umat Islam yang mengatasnamakan Forum Umat Islam Kota Tegal lebih memilih menggelar doa bersama yang akan diselenggarakan hari (3/11) malam daripada ke Jakarta untuk melakukan demonstrasi pada Jumat (4/11).

''Ya, sebelumnya memang kami berencana hendak berangkat ke Jakarta untuk bisa ikut bersama-sama menggelar aksi demo. Bahkan, sesuai rencana ada sekitar 60 armada bus yang siap mengantar umat Muslim Tegal ke Jakarta,'' kata  ulama Kota Tegal Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff, usai menghadiri di acara Forum Silaturahim antar Umat Beragama di Adipura Balai Kota Tegal, hari Rabu (2/11) seperti dikutip Radar Tegal.

Dia memutuskan membatalkan  mengikuti aksi demo di Jakarta lantaran dinilai berbahaya. Menurut dia, banyak jalan selain aksi untuk mendoakan negeri ini tetap aman, serta diharapkan tidak ada lagi kasus penistaan agama.

''Namun sebagai bentuk komitmen dan kebersamaan dalam mengawal proses hukum terkait dugaan penistaan agama, kami akan menggelar doa bersama. Rencananya akan digelar di Masjid Agung malam Jumat ini,'' kata dia.

Dia menjelaskan doa bersama itu guna mendoakan sekaligus upaya agar bisa meredam emosi gelombang  massa dalam aksi di Jakarta. Termasuk pihaknya bersama umat Islam di Tegal akan mendoakan agar aksi yang digelar oleh umat Muslim lainnya bisa aman dan kondusif serta tidak terjadi bentrok.

''Sebenarnya cukup mudah dalam mengatasi aksi massa ini. Karena mereka menuntut ditegakkannya proses hukum terkait penistaan agama. Pelaku bisa diberlakukan sama di mata hukum, diberi sanksi setimpal dengan tindakannya,” kata dia.

Sementara, Kapolres Kota Tegal AKBP Firman Darmansyah menjelaskan bahwa dari hasil komunikasi dan kordinasi dengan tokoh ulama, menyebutkan tidak ada masyarakat Tegal yang ikut dalam aksi demo 4 November. 

''Sejumlah umat muslim yang gagal berangkat itu, tetap menggelar aksi namun dengan doa bersama,'' kata Firman Darmansyah. (radartegal.com) 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home