Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:00 WIB | Kamis, 03 November 2016

Gereja di Mississippi Dibakar dan Ditulisi Slogan Pro Trump

Hopewell Missionary Baptist Church di Greenville, Mississippi, dibakar dan dirusak, hari Selasa (1/11). (Foto: huffingtonpost.com)

MISSISSIPPI, SATUHARAPAN.COM – Gereja Hopewell Missionary Baptist Church di Greenville, Mississippi, terbakar dan mengalami perusakan pada hari Selasa (1/11).

Menurut Huffington Post, gereja yang identik dengan orang-orang kulit hitam di Mississippi itu dibakar dan dirusak, lalu dibubuhi grafiti yang bertuliskan “Vote Trump” (ayo pilih, Trump).

Pihak berwenang memadamkan api di Hopewell Missionary Baptist Church di Greenville, Mississippi, hari Selasa (1/11). Menurut Delta Daily News yang dikutip kembali Huffington Post mayoritas kerusakan terjadi di mimbar, namun dan tidak ada korban cedera atau luka-luka. Ada seseorang yang mencorat-coret grafiti "Vote Trump" di sisi bangunan.

Seorang wanita di dekat Rose Hill Missionary Baptist Church mengatakan secara historis gereja tersebut erat dengan kulit hitam di Amerika Serikat. Dia mengatakan masyarakat terkejut atas apa yang terjadi.

Wali Kota, Greenville, Errick Simmons menyebut dalam konferensi pers Rabu (2/11) insiden tersebut sebagai tindakan keji, penuh kebencian dan pengecut.

Dia mengatakan serangan itu adalah serangan terhadap  masyarakat kulit hitam.

“Hal ini terjadi pada tahun 50-an dan 60-an,” kata dia. "Ini tidak boleh terjadi pada 2016.”

Kepala polisi Delando Wilson mengatakan polisi mewawancarai para saksi dan berbicara dengan orang yang mencurigakan namun belum menetapkan tersangka.

Biro Investigasi Federal, (FBI) kepada koran Mississippi, The Clarion-Ledger,   mengatakan situasi tersebut berbahaya, dan saat ini tengah melakukan penyelidikan guna menentukan apakah ada kejahatan terhadap pelanggaran hak-hak sipil.  

Saat ini sudah ada website GoFundMe, sebuah situs yang  mengumpulkan uang untuk memperbaiki gereja. GoFundMe mengatakan kepada Huffington Post bahwa dana yang sudah terkumpul akan disalurkan secara langsung ke gereja tersebut.

Sementara itu tim sukses Donald Trump mengeluarkan kecaman atas tindakan tersebut.

“Kami sangat sedih dengan peristiwa yang terjadi di  Hopewell Missionary Baptist Church, dan bagi kami mengecam adalah istilah terkuat untuk menjelaskan tindakan mengerikan ini yang tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita. Kita bersyukur tidak ada yang terluka dan kami mendesak saksi dengan informasi untuk maju dan membantu membawa keadilan bagi mereka yang bertanggung jawab,” kata tim kampanye itu dalam sebuah pernyataan. (huffingtonpost.com/latimes.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home