Loading...
SAINS
Penulis: Melki 17:48 WIB | Minggu, 30 Oktober 2022

Begini Cara Membuat Dinding Kedap Suara

Ilustrasi foto unsplash

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dinding partisi sering digunakan sebagai penyekat ruangan pada bangunan komersial, gedung perkantoran, fasilitas umum lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan usaha jasa pasang partisi gypsum Jakarta merambah pemasangannya pada hunian, baik rumah tinggal atau apartemen.

Pemilihan menggunakan dinding partisi gypsum bukan tanpa alasan. Selain pemasangan mudah dan biaya yang dibebankan relatif murah, proses pengerjaannya pun praktis dan dalam waktu yang lebih cepat daripada menggunakan batu bata atau bata ringan. Sayangnya, dinding partisi gypsum memiliki kekurangan, salah satunya tidak kedap suara.

Dinding Partisi Gypsum Kedap Suara

Suara bising yang berasal sari ruangan lain atau luar rumah, tetangga dan jalanan, tentu mengganggu aktivitas, konsentrasi, juga waktu istirahat Anda.

Ruang-ruang privat seperti kamar tidur, ruang kerja, dan ruang olahraga membutuhkan ketenangan dari gangguan kebisingan. Sedangkan ruang musik dan ruang home theater, membutuhkan lapisan kedap suara untuk meredam kebisingan yang ditimbulkan dan tidak mengganggu aktivitas penghuni di ruang lainnya.

Jika ingin ruangan kedap suara, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan perusahaan jasa pembuatan partisi gypsum Jakarta untuk membantu mewujudkan keinginan tersebut.

Meskipun pemasangan dinding partisi gypsum mudah, dengan bantuan tenaga ahli Anda dapat meminimalisir kesalahan pemasangan. Hal ini dikarenakan pembuatan dinding partisi gypsum kedap suara memerlukan perlakuan khusus.

Simak cara membuat dinding kedap suara berikut ini:

1. Marking Area Pemasangan Partisi

Langkah pertama adalah memindahkan desain gambar kerja ke dalam lantai kerja dengan cara marking area. Ini berarti menandai batas-batas pemasangan dinding partisi dengan ukuran yang tepat sesuai pada gambar. Perlu diingat, dinding partisi bukan dinding struktural yang memikul beban bangunan. Sifatnya hanya sebagai pembatas antar ruang saja.

2. Pasang Rangka Partisi

Setelah memindahkan ukuran, selanjutnya tim jasa pasang partisi gypsum Jakarta akan memasang rangka partisi. Tujuannya adalah untuk menahan partisi gypsum agar kokoh berdiri. Rangka partisi dipasang untuk dua sisi dinding dan menggunakan hollow, material yang ringan namun kuat.

3. Aplikasi Partisi Akustik atau Insulasi

Ada dua jenis gypsum kedap suara, yaitu absorbsi dan insulasi. Gypsum absorbsi adalah gypsum akustik yang memiliki lubang-lubang dan lapisan tisu akustik. Fungsinya untuk menyerap atau memantulkan suara. Sedangkan gypsum insulasi merupakan gypsum absorbsi yang diberi tambahan material insulasi yaitu rockwool atau glasswool. Glasswool terbuat dari serat kaca yang bentuknya seperti bulu domba. Selain berfungsi sebagai insulasi suara, glasswool juga mampu menyerap panas matahari. Sehingga jika digunakan sebagai dinding partisi atau diposisikan di bawah atap, akan mengurangi panas matahari masuk ke dalam ruangan.

4. Pemasangan Gypsum

Lembar-lembar gypsum akan dipasang oleh tenaga ahli dari tim jasa pasang partisi gypsum Jakarta secara horizontal. Dengan menggunakan skrup gypsum, pemasangan dilakukan untuk kedua sisi ruangan dengan posisi material insulasi berada di antaranya.

5. Aplikasi Compound Gypsum

Compound digunakan untuk menutupi sambungan antar lembar gypsum. Adonan yang terbuat dari bubuk putih ini juga digunakan untuk menambal retak kecil dan meratakan skrup dengan luas bidang gypsum. Saat compound telah mengering, permukaan harus dengan bantuan amplas, kecuali jika Anda ingin membuat tekstur khusus.

6. Aplikasi Penutup Akhir

Sebagai penyempurnaan dinding partisi gypsum kedap suara, aplikasikan pengecatan atau gunakan penutup dinding lainnya seperti wallpaper. Aplikasi penutup dinding ini berguna untuk menambah nilai estetik dan mempercantik ruangan.

Aplikator Dinding Partisi Gypsum Terbaik

Pemasangan dinding partisi gypsum memang mudah, tapi tetap harus dilakukan oleh tenaga ahli, seperti perusahaan penyedia jasa pasang partisi gypsum Jakarta. Aplikator atau tenaga ahli dinding partisi akan membantu Anda mewujudkan desain interior rumah menjadi nyata.

Memilih aplikator tidak boleh sembarangan. Anda harus cermat dalam menentukan yang benar-benar ahli dan berpengalaman, seperti tim dari Sekat Partisi yang sudah memiliki banyak klien dan terlibat di berbagai proyek konstruksi interior.

Tim Sekatpartisi menyediakan produk gypsum dari berbagai merek ternama. Sebagai aplikator jasa pemasangan partisi gypsum Jakarta terbaik, perusahaan yang berkonsentrasi di bidang distributor dan aplikator gypsum ini menyediakan pula tenaga-tenaga ahli dan andal yang berpengalaman di bidangnya.

Untuk pemasangan dinding partisi gypsum, sekatpartisi.com menawarkan tiga model pemasangan, yaitu :

  • Dinding partisi 1 sisi 1 rangka

Penggunaan untuk ruang-ruang yang tidak membutuhkan tampilan estetik yang lebih menarik, seperti gudang.

  • Dinding partisi 2 sisi 1 rangka

Penggunaan untuk ruang-ruang privat dan semi privat, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

  • Dinding partisi 2 sisi 2 rangka

Biasanya digunakan untuk ruang dengan kebutuhan kedap suara seperti ruang musik, ruang olah raga, ruang kerja, atau ruang home theater. Anda juga bisa memilih model ini untuk kamar tidur agar lebih privat dan tidak terganggu suara dari luar.

Penggunaan dinding partisi gypsum di rumah memudahkan Anda jika ingin mengubah ruangan atau tampilan ruangan dengan cepat.

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan perusahaan jasa pemasangan dinding partisi gypsum Jakarta yang profesional dan berpengalaman. Jelaskan kebutuhan penggunaan partisi kedap suara khusus untuk ruang-ruang yang Anda inginkan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home