Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Jumat, 17 Februari 2023

Belasan Rumah di Palu, Sulawesi Tengah, Rusak Akibat Angin Kencang

tersebut dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin. (Foto: BPBD Kota Palu)

PALU, SATUHARAPAN.COM - Angin kencang menerjang pemukiman warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada hari Rabu (15/2). Peristiwa tersebut dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu melaporkan selain menyebabkan 11 KK/48 jiwa terdampak, kejadian ini pun menyebabkan kerugian materil berupa 11 unit rumah, dua fasilitas pendidikan serta satu pos kesehatan desa rusak. Angin kencang juga menyebabkan satu pohon tumbang yang berlokasi di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat.

Tim BPBD Kota Palu segera terjun ke lokasi kejadian guna melakukan penanganan darurat. Selain itu, koordinasi lanjutan tengah dilakukan dengan Dinas Sosial Kota Palu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, dan pihak Kelurahan Balaroa untuk melakukan pendataan berkala mengenai peristiwa yang terjadi.

Merujuk prakiraan cuaca BMKG hari  Jumat (17/2) untuk wilayah Kota Palu berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari.  Kajian inaRisk turut menunjukkan bahwa Kota Palu memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem pada tingkat bahaya sedang hingga tinggi. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home