Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:17 WIB | Minggu, 16 Oktober 2022

Belasan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Bangka

Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin kencang di Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (15/10), pukul 12:00 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Bangka)

BANGKA, SATUHARAPAN.COM-Angin kencang mengakibatkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan pada Sabtu (15/10), pukul 12:00 WIB. Peristiwa ini terjadi di Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Tiga rumah di antaranya mengalami rusak berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka mencatat 18 rumah warga mengalami kerusakan. Rincian kerusakan mencakup rumah rusak berat tiga unit, rusak sedang delapan dan rusak ringan tujuh unit. Selain kerusakan, fenomena angin kencang berdampak warga luka ringan satu orang dan warga yang terdampak sebanyak 18 KK atau 53 jiwa. Tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun demikian, BPBD menyebutkan empat KK mengungsi sementara waktu. 

Angin kencang tersebut berlangsung saat hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Belinyu.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada terhadap cuaca pada esok hari, Senin (17/10). Wilayah Belinyu masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan edaran kewaspadaan potensi cuaca ekstrem pada 15-21 Oktober 2022. BMKG menyebutkan fenomena siklon tropis Sonca dapat berpotensi pada curah hujan sedang hingga lebat di wilayah Bangka Belitung.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home