Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:29 WIB | Selasa, 26 Agustus 2014

Berburu Pekerjaan di Luar Negeri

Antrean orang berburu pekerjaan di bursa kerja. (Foto: nakernews.com).

SATUHARAPAN.COM - Masalah menyiapkan lapangan kerja telah menjadi masalah nasional. Kesulitan mencari pekerjaan di dalam negeri menyebabkan bekerja di luar negeri menjadi pilihan sebagian masyarakat. Bekerja di luar negeri masih menjadi impian banyak orang. Namun, informasi yang tidak lengkap dan prosedur yang rumit menjadi kendala. Selain masalah administrasi, biaya yang harus dikeluarkan pun cukup besar.

“Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), sejak  Januari 2014, mulai membuka pelayanan langsung bagi pencari kerja (pencaker) ke luar negeri,” kata Direktur Pemetaan dan Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri Elia Rosalina Afif selaku Koordinator Jobsinfo, seperti dikutip merdeka.com di Jakarta.

Pembukaan layanan langsung itu untuk meningkatkan penempatan TKI formal, semiterampil, dan terampil. BNP2TKI menyosialisasikan peluang kerja ke luar negeri melalui fasilitas jobsinfo.bnp2tki.go.id, melalui jasa informasi real time. Melalui informasi itu, pencari kerja bisa mengisi aplikasi lamaran yang tersedia, berinteraksi dengan pengguna, menanyakan gaji, tunjangan, kondisi kerja, dan hal lainnya.

Untuk saat ini, layanan telepon bebas pulsa di 0800-1000 masih bisa digunakan oleh pencari kerja untuk mencari informasi tentang pekerjaan yang diinginkan, juga layanan konsultasi bagi pencari kerja yang masih ingin menanyakan informasi apa saja terkait peluang kerja di luar negeri.

Selain online, realisasi kerja sama juga akan dilakukan secara offline, di antaranya dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun jobfair.

Tip Bekerja di Luar Negeri

Di bawah ini beberapa tip untuk mencari pekerjaan di luar negeri.

- Pertama, memahami bahasa yang digunakan untuk komunikasi internasional, yakni bahasa inggris. Salah satu bukti bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar adalah dengan mengikuti tes keterampilan bahasa Inggris yang umumnya disebut Tes TOEFL. Sertifikat dari hasil Tes TOEFL dapat ditambahkan dalam lampiran surat lamaran kerja.

- Kedua, mencari informasi lowongan kerja di luar negeri menggunakan media internet. Dengan menggunakan internet, bisa mendapatkan informasi kerja di luar negeri gratis, bisa mencarinya di berbagai situs, misalnya jobsDB.com, atau web jobsinfo.bnp2tki.go.id, yang bisa mendapatkan akses info lowongan kerja di beberapa negara, atau melalui website perusahaan, yang juga menyediakan kolom karier, biasanya perusahaan terutama multinasional yang besar punya website dengan folder khusus bertuliskan, Work Application atau Career with Us, atau melalui  social media people, social media apps, dan online job search sites.

- Ketiga, menggunakan jasa agen pekerjaan. Cara yang satu ini memang mudah akan tetapi harus membayar sejumlah uang untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Apabila menggunakan jasa agen, harus memilih agen yang terpercaya dan sudah terdaftar di dinas yang terkait untuk meminimalisasi tindak penipuan.

- Keempat, mempersiapkan keterampilan (skill) untuk bekerja, banyak sekali lowongan pekerjaan di luar negeri yang membutuhkan keterampilan khusus.

- Kelima, mempersiapkan kesehatan dengan baik. Biasanya perusahaan di luar negeri mensyaratkan pegawai yang mendaftar memiliki fisik yang sehat.

Catatan : Tip kerja di luar negeri apabila dijalankan dengan baik bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Salah satu hal yang  harus dipahami dalam mencari kerja di luar negeri adalah penguasaan bahasa. (testpekerjaan.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home