Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 15:47 WIB | Jumat, 27 September 2013

Bill Gates Mengakui Ctrl-Alt-Del Adalah Suatu Kesalahan

Bill Gates dalam kunjungannya ke Harvard University. (foto: dailymail.co.uk)

CAMBRIDGE, SATUHARAPAN.COM – Bill Gates mengungkapkan bahwa fungsi Ctrl-Alt-Del pada komputer Microsoft adalah sebuah kesalahan yang akhirnya melekat dalam masyarakat.

Penemu Microsoft ini menjelaskan bahwa fungsi yang sama sebenarnya lebih mudah dicapai dengan menekan satu tombol saja di keyboard tetapi karena cacat design maka diperlukan penggunaan tiga jari sebagai gantinya.

“Kita sebenarnya hanya perlu menekan satu tombol saja, tetapi seseorang yang merancang keyboard IBM (International Business Machine Corporation) tidak ingin memberikan satu tombol itu kepada kami,” ungkapnya pada saat berbicara di Universitas Harvard.

“Karena pada saat Anda menyalakan komputer, Anda akan melihat beberapa layar, dan akhirnya harus memasukkan kata sandi untuk masuk. Anda ingin memiliki sesuatu yang Anda lakukan dengan keyboard yang memberi sinyal ke tingkat yang sangat rendah dari perangkat lunak. Hal tersebut sebenarnya sulit dikodekan dalam perangkat keras.” Jelasnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa didalam lingkaran seputar teknologi bahwa perancang IBM, David Bradley adalah seorang yang bertanggung jawab dengan perencanaan penggunaan tiga tombol tersebut dibandingkan dengan satu tombol sebagai perintah. Tetapi Harvard menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Gates mudah untuk mengakui bahwa it adalah kesalahan.

Bradley berbicara tentang desain khasnya pada ulang tahun IBM ke-20 yang lalu mencoba untuk adil dan bertanggung jawab.

“Saya telah menemukannya, tapi Bill telah membuatnya terkenal lebih dahulu,” kata Bradley pada saat itu.

Gates tidak akan membiarkannya lepas begitu saja tanpa menghindari semua kredit, bagaimanapun, dia memuji rancangan keyboardnya.

“Kami melakukan beberapa hal yang pintar – set karakter komputer IBM, biasanya Anda memiliki 128 karakter seperti huruf kecil dan huruf besar tapi kami mengambil yang diatasnya dan dimasukkan seperti setelan simbol – kami dapat melakukan percobaan dengan bermacam-macam barang tetapi lebih kepada sisi perangkat lunak bukan kepada perangkat kerasnya,” kata dia.

Pernyataan Gates tersebut diambil pada acara pengumpulan dana untuk Universitas Harvard, almamaternya.

Dia sempat berkuliah di kampus bergengsi tersebut sebagai sarjana tetapi ia tidak menyelesaikan kuliahnya untuk memulai perusahaan komputernya. Gates dianugerahi gelar kehormatan dalam hampir tiga dekade kemudian. (dailymail.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home