Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 22:15 WIB | Rabu, 19 November 2014

Bioskop Keliling Gratis untuk Masyarakat

“Kehadiran mobil bioskop keliling diharapkan dapat menyosialisasikan nilai-nilai kebaikan pada masyarakat.”
Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah menyediakan fasilitas mobil bioskop keliling gratis untuk masyarakat. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah saat ini telah menyediakan  mobil bioskop keliling sebagai fasilitas hiburan gratis bagai masyarakat.

Dilansir dari situs kementerian terkait, kemdikbud.go.id pada Selasa (18/11), sasaran utama bioskop keliling ialah lokasi atau daerah yang tidak memiliki bioskop atau fasilitas perfilman.

“Kehadiran mobil bioskop keliling diharapkan dapat menyosialisasikan nilai-nilai kebaikan pada masyarakat,” ujar Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan beberapa waktu lalu.

Sebanyak 60 mobil bioskop keliling saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud, seperti museum, Balai Pelestarian Cagar Budaya, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya. Ada pula yang diberikan ke dinas kebudayaan dan pariwisata atau dinas pendidikan dan kebudayaan.

Sementara itu, bioskop keliling yang berada di pusat (Jakarta, Red) berjumlah tiga mobil. Satu mobil berada di Museum Nasional dan dua mobil berada di kantor Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah yang dikelola Sesditjen Kebudayaan.

Film yang diputar bioskop keliling memang merupakan film-film yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan karakter, seperti  Sang Pencerah dan Garuda di Dadaku. Hak tayang film telah dibeli oleh kementerian.

Bagi yang berminat meminjam mobil bioskop keliling untuk mengadakan kegiatan pemutaran film, masyarakat dapat menghubungi UPT kementerian terkait di daerahnya. Kementerian tidak akan memungut biaya operasional.

Namun, masyarakat diharapkan dapat membantu menyediakan bahan bakar solar untuk mengoperasikan mobil bioskop keliling atau menyediakan energi listrik di lokasi. (kemdikbud.go.id)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home