Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:59 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Blackberry Ltd Akan Dijual

Foto: mobilespie.com

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM - Gonjang ganjing Blackberry Ltd (dahulu RIM) tampaknya masih belum berakhir. Opsi untuk menjual perusahaan smartphone asal Kanada ini terus mengemuka. Banyak pihak disebut sebut tertarik mengakusisi. Ada rumor Samsung dan Lenovo ingin mengambil alih. Bagaimana dengan reaksi Pemerintah Kanada sendiri? Menteri Perindustrian Kanada, James Moore mengatakan semuanya terserah kepada pihak Blackberry Ltd. untuk melakukan perubahan haluan terhadap perusahaan mereka sendiri. Ini menandakan pemerintah Kanada tidak mau ikut campur dalam perjuangan masa depan ponsel pintar tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa Blackberry adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Kanada dengan rekor panjang mengembangkan ide-ide baru dan perubahan penting dalam produk yang biasa kita gunakan saat ini. Perusahaan ini juga menjadi kebanggaan Kanada karena telah memperkerjakan banyak orang dan saat ini pemerintah Kanada berharap Blackberry dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Prem Watsa, pemegang saham Blackberry terbesar pada tanggal 12 Agustus lalu mengundurkan diri dari dewan perusahaan, meningkatkan kemungkinan ia akan memegang peranan penting dalam menyelamatkan perusahaan.

Beberapa perusahaan dana pensiun terbesar Kanada, termasuk Canada Pension Plan Investment Board menyatakan ketertarikkannya untuk mendanai kesepakatan.

Perdana Menteri Stephen Harper untuk saat ini menolak mengomentari pengambilalihan kemungkinan tertentu. Ia mengisyaratkan bahwa Blackberry harus tetap ada di Kanada. Dengan kata lain, jangan sampai dibeli oleh pihak asing.

“Saat Anda memiliki kebanggaan nasional seperti Blackberry, Anda akan berharap mereka tetap menjadi kebanggaan nasional,” kata Menteri Perindustrian dalam wawancara pada tanggal 27 Maret di Ottawa. (bloomberg.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home