Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Prasasta Widiadi 22:19 WIB | Senin, 23 Desember 2013

BNPB: Banjir Purworejo Mulai Menyurut

BNPB: Banjir Purworejo Mulai Menyurut
Posko Banjir milik Pakutho (Paguyubang Wong Thorjo) di Kutoarjo, Jawa Tengah (foto: akun grup faceboook Firmanto Agung Wibowo).
BNPB: Banjir Purworejo Mulai Menyurut
Pengungsi banjir Kabupaten Purworejo yang berada di salah satu titik pengungsian Sumber Adventure Center (foto: Pdt. Sudibyo).

PURWOREJO, SATUHARAPAN.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Senin (23/12) mengatakan bahwa debit air yang melanda sebagian besar wilayah terdampak banjir telah menyurut.

Akan tetapi dalam keterangan resmi BNPB tersebut  Banjir dengan tinggi sekitar 50 cm masih terjadi di Desa Trimulyo, Rowodadi, dan Bendungan Kecamatan Grabag.

Dari 69 desa di 13 kecamatan yang terendam banjir di Kab Purworejo, Jawa Tengah sebagian besar banjir telah surut.

Saat ini BNPB dalam koordinasi dengan BPBD Kabupaten Purworejo masih mengerjakan pembersihan longsor dengan alat berat terhadap tanah yang menutup jalan di Desa Purbaya, Wonosuko, Gunung Teges, dan Dilem, Kecamatan Kemiri.

Korban meninggal akibat banjir dan longsor di Purworejo tercatat 4 orang dan 1 orang hilang. Korban adalah Riyamah (41), Siti Aminah (8), Hadiq Mutahar (10), Wongso Suwito (81), dan Mustakim (belum ditemukan, hanyut di Kali Bogowonto).

Dalam kesempatan yang sama, Mahsun Zain selaku Bupati Purworejo melaksanakan Rapat Koordinasi Banjir dan Tanah Longsor.

Bupati Purworejo Mahsun Zain, di hadapan pimpinan SKPD terkait, Camat, Muspida, PMI, Orari, SAR, Tagana, menyampaikan agar semua  memaksimalkan personilnya untuk penanganan bencana banjir dan longsor. "BPBD tidak mungkin melaksanakan tugas ini tanpa dukungan SKPD terkait", kata Mahsun Zain.

Bupati juga memerintahkan kepada Sekda Purworejo selaku Kepala BPBD untuk selalu memonitor perkembangan bencana yang terjadi, baik kaitannya dengan pengungsi, logistik, dan dampak yang terjadi akibat bencana.

BNPB telah memberikan dana siap pakai Rp 6,4 milyar untuk siaga banjir ke BPBD Jateng yang diwujudkan dalam bantuan berupa Dana Siap Pakai Rp 150 juta, tambahan lauk pauk (100 paket), tikar (150 lembar), matras (100 lembar), kidsware (50 paket), peralatan dapur (200 paket), selimut (300 lembar), dan kaos untuk BPBD (80 unit)

Info lebih lanjut tentang Bencana Banjir Kabupaten Purworejo, BNPB memberi nomor-nomor yang dapat dihubungi, antara lain: Junjungan Tambunan (Direktur Tanggap Darurat BNPB +6282131415192) dan Budi Satrio (BPBD Kebumen 081915032333) (bnpb.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home