Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 22:58 WIB | Minggu, 04 Januari 2015

Bogor Turunkan Tarif Angkot

Ilustrasi angkutan umum. (Foto: Dok Satuharapan)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor, Jawa Barat  legowo dengan putusan pemerintah daerah untuk menurunkan tarif angkot, walau tidak menguntungkan sopir angkot.

"Ya kami legowo, ini sudah menjadi keputusan walau harus melewati perdebatan yang panjang," kata Wakil Sekretaris Organda Kota Bogor Yadi Indra Mulyadi pada Minggu (4/1).

Dia mengatakan, dalam rapat pembahasan tarif angkot antara Pemerintah Kota Bogor dan Organda pada Jumat (2/1), sesuai dengan biaya operasional kendaraan (BOK), tarif hanya turun dari Rp 3.500 menjadi Rp 3.400 per orang.

"Hanya wali kota meminta agar tarif dibulatkan. Kalau Rp 3.300 pasti tidak ada kembaliannya, maka mekanisme di pasar akan menjadi Rp 500 sehingga tarif menjadi Rp3.000," kata dia. 

Menurutnya, penurunan tarif angkot tidak menguntungkan sopir dan pemilik angkot karena penurunan harga BBM tidak dibarengi oleh turunnya harga suku cadang. 

"Sejak BBM naik, harga suku cadang juga naik. Begitu juga dengan setoran kepada pemilik," kata Yadi. 

Surat Keputusan (SK) wali kota terkait penurunan tarif secara resmi akan dikeluarkan pada Senin (6/1) dan disebar kepada seluruh angkot yang ada di wilayah Kota Bogor. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan penurunan tarif angkot sudah sesuai kesepakatan bersama.

"Memang betul, Jumat (2/1) siang kita sudah sepakati penurunan tarif bersama Organda," kata Bima. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home