Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:34 WIB | Senin, 03 November 2014

Bom Mobil Saat Festival Asyura, 10 Orang Meninggal

Lokasi serangan bom mobil di Baghdad hari Minggu (2/11).

BAGHDAD,SATUHARAPAN.COM – Ledakan bom mobil Syiah di Baghdad, Minggu (2/11) menjelang peringatan keagamaan Asyura besar menewaskan sedikitnya 10 orang, kata keamanan dan pejabat medis.

Ledakan itu menghantam sebuah tenda yang menjual teh dan air di daerah al-Ilam di barat daya Baghdad, juga melukai lebih dari 20 orang, kata sumber-sumber. Ratusan ribu peziarah Syiah akan berbondong-bondong ke kota suci Irak Karbala untuk Asyura, yang menandai kematian Imam Hussein, salah satu tokoh yang paling dihormati di Syiah Islam.

Peziarah telah ditargetkan selama Asyura sebelumnya, tapi peringatan tahun ini puncaknya pada hari Selasa, menghadapi bahaya yang lebih besar dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) militan yang akan mengendalikan wilayah besar negara. ISIS, seperti kelompok-kelompok ekstremis Sunni lainnya, menganggap Syiah sebagai bidah dan sering menargetkan mereka dengan pengeboman.

Ziarah yang besar adalah ujian bagi pemerintah baru yang dipimpin oleh perdana menteri Al-Abadi Haidar serta untuk pasukan keamanan Irak, yang telah berjuang untuk mendorong para militan kembali.

Sebuah serangan besar selama peringatan di Karbala, tempat Imam Hussein dimakamkan, akan meningkatkan ketegangan yang sudah signifikan antara mayoritas Syiah Irak dan minoritas Arab Sunni, dan dapat memicu serangan balas dendam. (Alarabiya.net)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home