Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:56 WIB | Rabu, 16 Oktober 2013

Bosnia-Herzegovina Pertama Kali Lolos Piala Dunia

Pemain Lithuania, Malekivicius (kaus kuning) berebut bola dengan gelandang Bosnia, Emir Spahic (kaus biru). (foto:fifa.com)

KAUNAS, SATUHARAPAN.COM - Bosnia-Herzegovina memastikan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2014 dengan menjadi Juara Grup G. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Darius Girenas, Kaunas, Lithuania, Rabu (16/10) dini hari WIB Bosnia unggul tipis 1-0 atas tuan rumah Lithuania.

Tiket lolos langsung untuk Bosnia yang pertamam kali ke Piala Dunia ini dipastikan oleh gol tunggal Vedad Ibisevic. Ibisevic berhasil mencetak gol tersebut setelah memperoleh umpan dari penyerang Bosnia, Edin Dzeko menit ke-68.

Butuh waktu 21 tahun setelah negara pecahan Yugoslavia ini merdeka di 1992 untuk bisa lolos ke putaran final turnamen internasional seperti Piala Dunia. Bosnia dua kali nyaris masuk perhelatan akbar sepakbola, yaitu saat mereka ditundukkan Portugal pada play off untuk Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Yunani ke Playoff

Satu peringkat di bawah Bosnia adalah Yunani, yang di kandangnya sendiri di Stadion Karaiskakis, Athena meraih kemenangan 2-0 atas Liechtenstein. Gol-gol kemenangan Yunani Dimitris Salpingidis di menit ke-7 dan kemudian Yunani tertolong oleh gol bunuh diri gelandang Liechtenstein, Peter Jehle pada menit ke-83.

Hasil itu membuat Bosnia dan Yunani sama-sama mengoleksi 25 poin dari sepuluh pertandingan. Namun, Bosnia berhak memuncaki klasemen akhir Grup G berkat keunggulan selisih gol telak atas Yunani yang ada di posisi dua. Selisih gol Bosnia adalah (+24), sementara Yunani (+8). Dengan posisi dua tersebut, Yunani menjadi runner-up harus melewati fase playoff.

Peserta Sementara Piala Dunia dari Zona Eropa

 

Kualifikasi Zona Eropa telah menentukan beberapa wakil untuk diberangkatkan ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Negara-negara yang sudah pasti lolos dari Zona Eropa karena mereka berstatus sebagai juara grup masing-masing.

 

Spanyol, Bosnia-Herzegovina, Inggris dan Rusia memesan tempat di Piala Dunia tahun depan dengan kemenangan di pertandingan kualifikasi akhir, setelah pada pertandingan dini hari tadi mereka membukukan predikat sebagai juara grup masing-masing, keempat tim ini bergabung bersama Jerman, Belanda, Italia , Belgia dan Swiss sebagai pertama sembilan perwakilan Eropa di Brasil, sementara delapan tim untuk kontes play-off juga telah diputuskan .

Kroasia, Portugal, Yunani, Perancis, Ukraina, Rumania, Islandia dan Swedia akan mengisi tempat untuk playoff Zona Eropa.

Gol-gol Wayne Rooney dan Baines memastikan Inggris mendapat tempat teratas di Grup H dengan kemenangan 2-0 atas Polandia di Wembley sehingga Inggris dapat dengan mudah terbang ke Brasil untuk Piala Dunia tahun depan, hasil tersebut sekaligus menempatkan Ukraina pada posisi kedua walau menang besar 8-0 atas tuan rumah San Marino, tapi poin Inggris lebih banyak.

Portugal yang menang telak 3-0 atas Luksemburg tetap tidak mampu bergeser ke peringkat pertama setelah mereka harus melalui playoff walau Rusia ditahan imbang Azerbaijan 1-1.

Hasil lengkap Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Spanyol 2-0 Georgia, San Marino 0-8 Ukraina, Montenegro 2-5 Moldova, Inggris 2-0 Polandia, Belgia 1-1 Wales, Skotlandia 2-0 Kroasia, Siprus 0-0 Albania, Yunani 2-0 Liechtenstein, Lithuania 0-1 Bosnia-Herzegovina, Azerbaijan 1-1 Rusia, Israel 1-1 Irlandia Utara, Portugis 3-0 Luksemburg, Norwegia 1-1 Eslandia, Swiss 1-0 Slovenia, Hungaria 2-0 Andorra, Rumania 2-0 Estonia, Turki 0-2 Belanda, Latvia 2-2 Slowakia, Bulgaria 0-1 Republik Cheska, Denmark 6-0 Malta, Serbia 5-1 Masedonia, Republik Irlandia 3-1 Kazakhstan, Swedia 3-5 Jerman, Kepulauan Faroe 0-3 Austria, Italia 2-2 Armenia (goal.com/ fifa.com/soccerway.com/soccernews.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home