Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:07 WIB | Rabu, 16 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belanda Tak Beri Ampun Turki

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belanda Tak Beri Ampun Turki
Selcuk Inan (kaus merah, Turki) diganjal Leroy Fer (Belanda, kaus putih). (foto-foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belanda Tak Beri Ampun Turki
Alda Turan (kaus merah, Turki) mencoba melepaskan tendangan datar ke arah gawang Belanda tapi diblok Leroy Fer (Belanda).
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belanda Tak Beri Ampun Turki
Perebutan bola di udara antara para pemain Turki (kaus merah) dan Belanda (kaus putih).

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM – Belanda yang sudah pasti lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil, tetap bermain agresif walau bermain di hadapan pendukung tuan rumah Turki, atau tepatnya di Stadion Sukru Saracoglu, Istanbul, pada Rabu (16/10) dini hari WIB.

Belanda tetap memegang kendali permainan, kendati demikian perluang  emas pertama malah dimiliki tuan rumah pada menit ke-6, Turki melakukan serangan balik yang cepat, namun gelandang Turki yang bermain di Galatasaray, Bulut tidak siap dengan kondisi umpan cepat sehingga kiper Belanda, Celissen menyongsong bola lebih dulu.

Belanda tak mau kalah gertak, berawal dari umpan Sneijder, Jeremy Lens dirinya yang bergerak dari sisi kiri kemudian meliuk untuk menembak dengan kaki kanan, tetapi bola tendangan datar yang cukup kencang masih bisa diblok bek Turki, Alda Turan.

Hingga sepuluh menit pertandingan berjalan, Belanda masih sangat bagus dalam mengusai dan menekan pertahanan Turki.

Turki yang mengharuskan memenangkan laga justru ketinggalan di awal awal babak pertama. Gol Arjen Robben membuat negeri kincir angin tersebut unggul setelah penyerang yang bermain di klub Bayern Munchen tersebut melakukan eksekusi bola hasil tendangan bebas yang menghujam sisi kanan gawang Turki.

Gelandang Belanda, Wesley Sneijder yang sehari-hari bermain di Stadion Sukru Saracoglu ini, atau tepatnya dengan klub Galatasaray (Turki) dijatuhkan saat membawa bola merangsek ke kotak pinalti pada menit ke-16, dan bola mengarah ke Robben dan masih sempat diumpan ke Van Persie, namun Van Persie dianggap melakukan pelanggaran saat mencoba mempertahankan bola.

Kondisi ketertinggalan 0-1 pada babak pertama membuat Turki menjadi sangat panik dan gagal melewatkan sejumlah peluang karena tergesa-gesa.

Gol cepat kembali mewarnai laga ini. Baru dua menit babak kedua bergulir, Wesley Sneijder langsung menyematkan gol indah melalui kerjasamanya dengan Dirk Kuyt. Gelandang Galatasaray ini pun sukses menggandakan kedudukan Belanda pada menit ke-49. Hingga pertandingan berakhir kedudukan 0-2 bagi tim negeri kincir angin.

Posisi Turki sebagai runner-up grup tidak aman, karena di saat bersamaan Hungaria menang 1-0 atas Andorra.

Di babak kedua, Turki lebih teratur dalam menekan, namun sejumlah peluang yang gagal dimaksimalkan membuat mereka gagal ke Piala Dunia, sementara wakil Grup D untuk play-off dipegang oleh Rumania.

Susunan pemain:

Turki: Demirel; Gonul, Kaldirim, Toprak, Kaya; Turan, Adin, Topal, Inan; Yilmaz, Bulut.

Belanda: Cillessen; Vlaar, Janmaat, Martins Indi, Blind; Robben, Sneijder, Fer, Clasie; Van Persie, Lens.  (fifa.com/goal.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home