Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:58 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Bosnia Luncurkan Operasi Perangi Gerakan Radikal

Para polisi mengambil posisi di depan kantor polisi yang diserang, di Zvornik setelah seorang pria bersenjata berteriak "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar) menyerang sebuah kantor polisi di kota Bosnia timur Zvornik, pekan lalu yang menewaskan seorang polisi dan melukai dua orang lainnya sebelum ia ditembak mati, kata seorang juru bicara polisi. (Foto: Reuters)

SARAJEVO, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Bosnia, Rabu (6/5), meluncurkan operasi untuk membasmi gerakan radikal dan telah menangkap beberapa orang, sepekan setelah diduga terjadi “serangan teroris” yang menyebabkan seorang polisi tewas.

“Pencarian sedang berlangsung di 32 tempat di Republika Srpska (entitas Bosnia yang dijalankan Serbia),” ujar juru bicara Kementerian Dalam Negeri Milan Salamandija.

Sejumlah orang ditahan dan diinterogasi polisi, lapor penyiaran publik RTRS, namun polisi menolak untuk mengungkapkan jumlahnya karena operasi masih berlangsung.

Mereka yang ditahan diduga memiliki “suplai senjata dan bahan peledak yang akan digunakan untuk melakukan aksi teroris ke lembaga-lembaga di Republika Srpska serta perwakilan mereka,” ujar seorang jaksa.

Para tersangka berasal “dari gerakan radikal, yang berjuang di Suriah atau kembali dari Suriah, atau perekrut jihadis,” kata Salamandija.

“Kami menemukan sejumlah senjata dan amunisi, rompi antipeluru, seragam dan bahan propaganda untuk perekrutan,” ungkapnya.

Operasi itu diluncurkan setelah pekan lalu terjadi serangan dari Islamis setempat di sebuah kantor polisi di kota timur Zvornik.

Berteriak “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar), penyerang menembaki kantor polisi hingga menewaskan satu orang dan melukai dua petugas polisi lainnya, sebelum tewas dalam baku tembak dengan polisi. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home