Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:36 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

ISIS Serang Kota Deir Ezzor di Suriah Timur

Ilustrasi ISIS. (Foto: Dok.satuharapan.com)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Kelompok militan Islamic State (ISIS) melancarkan serangan ke Kota Deir Ezzor di Suriah timur, Rabu (6/5), untuk merebut bandara rezim, menurut keterangan dari badan pemantau dan aktivis.

Kepala Observatorium HAM Suriah Rami Abdel Rahman mengatakan bentrokan dan sedikitnya satu ledakan bunuh diri telah mengguncang wilayah permukiman di timur Deir Ezzor yang dikuasai pasukan rezim.

Militan tersebut juga bentrok dengan pasukan pemerintah di bandara militer Deir Ezzor, tapi Abdel Rahman mengatakan mereka belum mengambil alih area tersebut.

ISIS sudah menguasai sebagian besar Provinsi Deir Ezzor dan kira-kira setengah dari wilayah ibu kota provinsinya, kata aktivis media lokal Mohammed al-Khleif.

“Bentrokan paling sengit antara ISIS dan rezim saat ini terjadi di lingkungan Al-Sanaa, Al-Rasafa, dan Al-Omal di timur kota,” ujar Khleif kepada AFP.

Dia mengatakan area-area tersebut strategis karena dekat dengan bandara militer Deir Ezzor dan “wilayah keamanan” rezim di sebelah barat kota, yang dikepung ISIS selama lebih dari empat bulan.

Jika ISIS berhasil, Deir Ezzor akan menjadi ibu kota provinsi kedua yang jatuh ke tangan kelompok tersebut, setelah Kota Raqa, yang menjadi ibu kota “kekhalifahan” mereka. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home