Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 10:38 WIB | Senin, 22 November 2021

BPK PENABUR Gelar Kompetisi "Kreatif dan Tangguh di Era Digital"

Shareen dan Maria, Juara 1 Debat, SDK PENABUR Kota Jababeka. (Foto: Dok. BPK PENABUR)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Awarding Ceremony 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta bertajuk ‘Kreatif dan Tangguh di Era Digital’ digelar hari Sabtu (20/11) secara virtual dari YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta. 

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir Antono Yuwono berpesan kepada peserta didik yang mengikuti kompetisi kali ini, bukan menang atau kalah, tetapi yang diinginkan adalah agar kalian terus melakukan yang terbaik dalam mengikuti sebuah perlombaan atau segala hal. 

"Lakukan yang terbaik sesuai ilmu yang di dapat, bertanyalah kepada guru, dan lakukanlah semaksimal mungkin. Itulah mental seorang juara yang membuat kalian mampu bersaing dalam kehidupan nantinya,” ujar Antono dalam kata sambutannya dilansir Senin (22/11).

SDK PENABUR Jakarta mengadakan 4.0 Competition dikarenakan perkembangan teknologi informasi yang membuat segala sesuatu bergerak begitu cepat. 

Perlombaan ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda agar dapat berjuang dalam era 4.0 dan memiliki kompetensi 4C. Peserta didik dilatih untuk berpikir kritis (Critical Thinking), berpikir kreatif (Creativity), mau berkomunikasi dengan sesama (Communication), dan berkolaborasi (Collaboration).

Selain itu, dari kegiatan ini peserta didik juga diajak untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mau terus berubah dan beradaptasi (Lifelong Learner). Itu semua dibalut dengan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) yang ditanamkan di sekolah, sehingga peserta didik mempunyai mental yang tangguh (Be Tough), mampu bersaing dengan dunia (Excel Worldwide), mau berbagi (Share with Society), dan percaya kepada Tuhan serta beriman (Trust in God).

Sebanyak 12.000 peserta mengikuti 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta di tingkat sekolah dan terpilihlah 284 peserta yang mewakili sekolah masing-masing di tingkat jenjang.

“Menurut kami, 4.0 Competition dapat mengembangkan kepercayaan diri, menambah wawasan, kritis, komunikatif, dapat berkolaborasi bersama keluarga, dan tentunya sangat seru. Perlombaan ini juga sangat mendidik, memotivasi, keren, serta menakjubkan,” kesan para peserta lomba 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta.

Para juri juga memiliki pandangan menarik tentang para peserta yang mengikuti perlombaan.

“Saya sangat kagum dengan para peserta, semuanya hebat, kreatif, komunikatif, dan mampu berpikir kritis. Presentasi mereka juga bagus dengan tampilan animasi yang menarik sekali, menyenangkan, fasih dalam berbahasa asing, dan kemampuan mereka tampil dengan artikulasi yang sangat baik di depan kamera. Untuk setiap peserta, teruslah berkreasi dan semakin berkembang. Mari, peserta didik yang belum ikutan, turut berpartisipasi dalam acara ini di tahun yang akan datang,” kata para juri sekaligus mengajak peserta didik SDK PENABUR Jakarta.

Yudhian Fantoni, pengurus BPK PENABUR Jakarta yang turut menyukseskan kegiatan ini, turut membagikan kesan dan pesan. Ajang ini bertujuan untuk melatih potensi diri dan juga mengasah kemampuan dalam diri kita baik secara akademis maupun non-akademis. 

"Menang dan kalah dalam kompetisi adalah hal yang biasa, karna dalam ajang ini yang dikihat adalah proses, tentang bagaimana kita berusaha, mengupayakan untuk mendapatkan yang terbaik. Hal ini yang menjadikan para peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas semakin mengetahui potensi yang dimiliki dan juga semakin bertumbuh. Do Your Best And Let God Do The Rest,” tutur Yudhian.

Pada penghujung acara Sukarni, Kepala Jenjang SDK PENABUR Jakarta menyampaikan pesan kepada para pemenang di 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta.

“Apresiasi tertinggi saya ucapkan kepada para peraih juara dalam kompetisi ini mulai dari kelas 1-6. Kalian telah mengekspresikan bakat yang dimiliki dengan sangat baik dan kreatif, saya percaya pasti ada ketekunan didalamnya," kata Sukami. 

Menurutnya, ketekunan merupakan kunci keberhasilan dalam setiap upaya, karena tanpa ketekunan tidak ada kemenangan. 

"Saya berharap bagi para peserta lainnya juga agar tidak berkecil hati karena masih ada kesempatan di masa mendatang. Kemenangan adalah perjuangan, usaha, optimisme, dan pantang menyerah. Teruslah kembangkan talenta yang diberikan Tuhan kepada kalian dan tetaplah menjadi anak yang kreatif dan tangguh di era digital,” kata Sukarni.

Berikut para pemenang 4.0 Competition SDK PENABUR Jakarta.
Ferlyn Dominica Wijaya, Juara 1 Dental Health Campaign, SDK 10 PENABUR
Rachel Agatha Yehezkiel, Juara 1 Fun Family Poets Combat, SDK PENABUR Kota Wisata
Jeanyca Christabelle, Juara 1 Membaca Cerita, SDK PENABUR Kota Modern
Calixto Pratama, Juara 1 Young Scientist, SDK 11 PENABUR
Kathleen Audrey Kamil, Juara 1 PENABUR XIN WEN, SDK PENABUR Tasikmalaya
Ansella Tarra, Juara 1 Video Edukasi, SDK PENABUR Kota Wisata
Narine Sydney Liongdra, Juara 1 Komik Strip, SDK 11 PENABUR
Louise Esther Immanuella, Juara 1 Reporter Cilik, SDK PENABUR Kota Jababeka
Cornelius Kenneth Riffianto, Juara 1 Gambar Bercerita, SDK PENABUR Gading Serpong
Monalisa, James, dan Abe, Juara 1 Virtual Presentation, SDK PENABUR Kota Jababeka
Shareen dan Maria, Juara 1 Debat, SDK PENABUR Kota Jababeka
Kimberly Jocelyn, Juara 1 Family Vlog, SDK 6 PENABUR.


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home