Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 13:39 WIB | Selasa, 14 April 2015

Buku Catatan Alan Turing Terjual Rp 13 Miliar di Pelelangan

Buku Catatan Alan Turing Terjual Rp 13 Miliar di Pelelangan
Alan Turing (kiri), dan Alan Turing dalam film The Imitation Games yang diperankan aktor Benedict Cumberbatch. (Foto: nypost.com)
Buku Catatan Alan Turing Terjual Rp 13 Miliar di Pelelangan
Naskah tulisan tangan Alan Turing yang terjual di Balai Lelang Bonhams, New York, AS. (Foto: telegraph.co.uk)

NEW YORK CITY, SATUHARAPAN.COM – Buku catatan ilmiah Alan Turing terjual lebih dari satu juta dolar AS di pelelangan di New York City, Amerika Serikat, seperti dilaporkan BBC News.

Alan Turing, seperti bisa dibaca di wikipedia.org, adalah ilmuwan matematika dan komputer kelahiran 1912 asal Inggris, yang pada era Perang Dunia II memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Melalui mesin yang dirancang khusus, dia berhasil menerjemahkan pesan Jerman.

Buku catatan yang dilelang itu bertahun 1942, ketika Turing bekerja di Bletchley Park, merupakan sebagian dari naskah semasa dia memimpin tim yang berhasil memecahkan kode Jerman. Dengan mesin yang disebut The Bombe, yang dikenal sebagai cikal-bakal komputer, Turing dan timnya terbantu mengungkap pesan-pesan rahasia Jerman.

Lembaga itu kemudian dipercayakan kepada ilmuwan matematika Robin Gandy untuk memimpin setelah kematian Turing pada 1954.   

Buku catatan itu terjual di Balai Lelang Bonhams dengan nilai $1,025,000 (£700,850, setara dengan Rp 13,36 miliar). Pembelinya tidak bersedia menyebutkan nama.

Kisah tentang Turin diangkat ke dalam film, The Imitation Game, dengan menampilkan bintang Benedict Cumberbatch dan Keyra Knightley. Film garapan Morten Tyldum itu meraih Penghargaan Oscar kategori skenario adaptasi terbaik. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home