Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:37 WIB | Rabu, 08 April 2015

Lirik Lagu “American Pie” Terjual Rp 15,59 Miliar di Pelelangan

Don McLean, sekarang dan di masa kejayaannya. (Foto-foto: don-mclean.com/theconcertdatabase.com)

SATUHARAPAN.COM – Pada 1972, lagu American Pie-nya Don McLean mencapai nomor satu di tangga lagu-lagu populer di Amerika Serikat dan bertengger empat minggu di puncak tangga itu. Lagu berdurasi delapan menit 36 detik itu juga mampu mencapai nomor dua di tangga lagu-lagu di Inggris.

Lagu dari penyanyi dan pemusik yang kini berusia 69 tahun itu akrab bagi penggemar musik yang memasuki masa dewasa pada dekade 70 di belahan dunia mana pun. Mereka menyanyikannya, sambil memetik gitar, bergaya bak McLean, yang juga dikenal melalui lagu-lagunya yang lain, seperti Vincent, Castle in the Air, And I Love You So, dan Crying itu.

Naskah asli American Pie karya Don McLean itu terjual seharga 1,2 juta dolar AS (setara Rp 15,59 miliar) pada lelang yang berlangsung di New York.

Naskah asli setebal 16 halaman itu terjual sesuai harapan semula, 1 juta dolar AS sampai dengan 1,5 juta dolar AS (setara Rp 19,45 miliar) di Balai Lelang Christie.

McLean telah mengisyaratkan pada Februari lalu naskah asli itu akan mengungkapkan misteri di balik makna lirik lagu. "Tulisan dan lirik akan mengungkapkan segala sesuatu yang perlu diungkapkan," katanya saat itu.

Penyanyi dan pemusik asal New York itu sebelumnya mengakui lagu itu adalah tentang kematian Buddy Holly, Ritchie Valens, dan Big Bopper – nama julukan Jiles P Richardson -, penyanyi dan pemusik terkenal pada masa itu, dalam kecelakaan pesawat di Clear Lake, Iowa, dalam rangkaian pentas keliling, seperti ditulis ultimateclassicrock.com. Namun, tetap sulit memahami bagian akhir lagunya.

Misteri telah membuat American Pie salah satu lagu yang paling diperdebatkan dalam sejarah musik.

McLean sendiri mengatakan menulis lagu itu sebagai "perjalanan mistis ke masa lalunya".

Dia kemudian memutuskan untuk menjual naskah asli lagu yang ditulis pada 1970 – 1971 itu, mencakup konsep dengan catatan tulisan tangan memakai pensil, tinta, dan mesin ketik. Balai lelang mengatakan sang pembeli tidak bersedia disebutkan namanya.

Madonna, tercatat sebagai penyanyi yang pernah merilis American Pie menurut versinya pada 2000, dan mampu menghiasi tangga lagu-lagu populer di Inggris, Kanada, dan Australia.

Sementara itu, McLean seperti dilaporkan abc.net.au, berharap penulis lagu generasi muda mampu melahirkan karya musik yang indah dengan lirik yang indah pula. “Dan, membayangkan semua orang menyanyikan lagu itu,” katanya. (bbc.co.uk/abc.net.au

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home