Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:04 WIB | Senin, 23 Februari 2015

Buku Mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan untuk SMP

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) me-launching buku berjudul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Jasa Keuangan” di SMP Negeri 8 Malang, Kamis (5/2), Dalam acara tersebut, selain dihadiri jajaran OJK pusat dan daerah, juga dihadiri Walikota Malang serta dari Dinas Pendidikan Kota Malang (Foto: infopublik.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  – Sejak tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta pelaku industri jasa keuangan, menyusun literasi keuangan untuk jenjang SMA dan SMP dalam bentuk buku. Tahun 2015 ini, Kemendikbud dan OJK meluncurkan buku literasi keuangan tingkat SMP yang berjudul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan,  memberikan apresiasi kepada OJK yang telah menginisiasi dalam mendidik anak-anak bangsa, untuk memahami tentang dunia keuangan.

“Pemahaman tentang keuangan sekarang sangat mendasar sekali. Anak-anak kita akan hidup di era yang berbeda. Mereka akan hidup di era di mana aktivitas keuangan modern adalah bagian dari keseharian,” katanya dalam acara peluncuran Buku “Mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan” di Jakarta, (23/02).

Ia mengatakan, generasi bangsa sekarang ini harus siap menghadapi masa depan. Karena pendidikan yang ada saat ini bukan hanya untuk menjawab persoalan sekarang, tetapi juga untuk menjawab persoalan di masa depan. Mendikbud juga mengingatkan pentingnya memberikan pemahaman tentang industri keuangan kepada guru-guru.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad mengatakan, OJK juga melakukan pelatihan untuk para guru dalam mengenalkan industri atau pengaturan keuangan.

OJK juga akan terus bekerja sama dengan Kemendikbud melalui jalur-jalur formal, dalam mengenalkan industri keuangan kepada siswa dan guru. Salah satunya dengan mendukung penyediaan laboratorium bank atau asuransi dan bank mini di sekolah-sekolah.

Latar belakang peluncuran Buku “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” didasarkan pada masih minimnya literasi masyarakat, terutama untuk generasi muda, mengenai industri keuangan. Penyusunan buku ini juga melibatkan tim dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud. (kemdiknas.go.id))

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home