Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:48 WIB | Sabtu, 11 Maret 2017

BUMN Akan Luncurkan Kartu Tambang

Ilustrasi. Kapal keruk timah. (Foto: skyscrapercity.com)

PANGKALPINANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Rini Soemarno akan meresmikan peluncuran kartu tambang (mining card) di Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu malam, guna meningkatkan produksi PT Timah dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi supplier.

"Peresmian peluncuran kartu tambang ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara PT Timah (Persero) Tbk dengan PT Bank Mandiri Tbk dalam penyediaan layanan perbankan berupa fasilitas pembiayaan bagi supplier PT Timah," kata Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk Mochtar Riza Pahlevi Thabrani di Pangkalpinang, hari Sabtu (11/3).

Ia menjelaskan Menteri BUMN Rini Soemarno akan meresmikan peluncuran kartu tambang pada hari Sabtu (11/3) pukul 18.30 WIB di Pangkalpinang, sebagai bentuk sinergitas antarBUMN dalam upaya meningkatkan efisiensi proses bisnis dan optimalisasi produksi.

"Kerja sama ini memiliki peran sangat strategis karena dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, kerja sama PT Timah dengan Bank Mandiri ini dapat mempersingkat proses administrasi dan pembayaran. Selain itu, dengan sistem ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat tabungan dan kredit itu sendiri.

"Mudah-mudahan ini bisa diterima sehingga kesejahteraan masyarakat penambang bisa menjadi lebih baik," ujarnya.

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan sinergi dengan PT Timah merupakan salah satu implementasi komitmen perseroan dalam membangun sektor pertambangan domestik.

"Ini solusi bagi supplier financing dan akan efektif untuk membantu PT Timah mempercepat pembayaran kepada supplier, sehingga memperkuat efisiensi pengelolaan likuiditas PT Timah, serta dapat menjadi motivasi supplier dalam meningkatkan pasokan," ujarnya.

Selain itu, kata dia kartu debit co-branding tersebut juga menjadi solusi yang tepat untuk memastikan identitas supplier penerima pembayaran serta kenyamanan supplier karena pembayaran dapat dilakukan secara non tunai.

"Kami berharap keberadaan kartu debit co-branding berdesain khusus tersebut bisa dimanfaatkan PT Timah dalam mengelola para supplier, agar mereka terdorong untuk meningkatkan pasokan kepada PT Timah," harapnya.

Sebelumnya, PT Timah bersama PT Bank Mandiri Tbk di Plaza Mandiri Jakarta, hari Selasa (6/2) telah melakukan penandatanganan kerja sama dalam menyediakan layanan perbankan berupa fasilitas pembiayaan bagi supplier PT Timah.

Perjanjian kerja sama pembiayaan supplier tersebut ditandatangani oleh SEVP Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar dan Direktur Keuangan PT Timah Emil Ermindra disaksikan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar dan Dirut PT Timah M Riza Pahlevi.

Dalam perjanjian tersebut, Bank Mandiri akan menyiapkan rekening tabungan atas nama supplier dan menerbitkan kartu debit co-branding dengan desain khusus, yakni kartu tambang PT Timah. Nantinya, rekening tabungan tersebut akan menampung dana pembayaran bijih timah yang dijual kepada PT Timah. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home