Loading...
DUNIA
Penulis: Ignatius Dwiana 23:18 WIB | Rabu, 11 Juni 2014

Buron 7 Tahun, Militan Islam Filipina Berhasil Ditangkap

Khair Mundos. (Foto: time.com/AFP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM – Militan Islam Khair Mundos yang masuk daftar teroris paling dicari di dunia berhasil ditangkap di ibu kota Filipina setelah perburuan tujuh tahun.

Polisi Filipina pada Rabu (11/6) menyebutkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada 2009 menawarkan setengah juta dolar untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Khair Mundos. Dia juga menjadi teroris paling dicari pemerintah Filipina, dan dituduh memiliki hubungan dengan pemimpin yang paling ditakuti kelompok militan di kawasan itu, Jamaah Islamiyah, menurut kabel Departemen Luar Negeri AS yang dirilis WikiLeaks.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menggambarkan Khair  Mundos sebagai pemimpin utama dan penyandang dana Abu Sayyaf, kelompok ekstremis Islam Filipina. Dia adalah tokoh kunci kelompok teroris Filipina Abu Sayyaf. Dia bertanggungjawab atas serangkaian serangan mematikan pasukan Amerika Serikat dan Filipina dekat kota Zamboanga di awal 1990-an.

Kelompok itu dibentuk dengan bantuan dana dari al Qaeda Osama bin Laden. Kelompok itu melakukan sejumlah pengeboman dan penculikan massal. Mereka kerap menargetkan warga asing dan umat Kristen yang lalu dimintai tebusan.

Khair Mundos sebelumnya ditangkap di selatan Filipina pada 2004 namun berhasil kabur dari penjara pada 2007.

Sejak saat itu, pasukan keamanan memburunya di wilayah selatan, tempat markas Abu Sayyaf. (time.com/AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home