Loading...
DUNIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:49 WIB | Rabu, 11 Juni 2014

Warga Tiongkok Beli Surat Sakit Jelang Piala Dunia

Sebuah situs internet di Tiongkok menawarkan surat sakit dari rumah sakit Beijing. (Foto: cnn.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Piala Dunia 2014 yang akan dimulai 12 Juni esok telah memberi dampak yang unik bagi penggemar sepak bola di Tiongkok. Karena secara tiba-tiba banyak warga di Tiongkok nan dikabarkan membeli surat dokter palsu dari internet.

Warga di Tiongkok diperkirakan dapat menyaksikan Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil sekitar pukul 03.00 dinihari dan 06.00 pagi. Demi menonton pertandingan tersebut, mereka pun membeli surat dokter di situs e-commerce, salah satunya taobao.com, agar setelah menyaksikan pertandingan itu mereka dapat beristirahat dan tidak masuk kerja.

Menurut laporan media setempat, surat sakit yang standar selalu tersedia di situs tersebut, dengan harga berkisar 2.000 rupiah per bungkusnya. Namun, untuk mendapatkan surat dengan cap rumah sakit serta coretan diagnostik meyakinkan dari dokter, pembeli harus membayar sekitar sekitar 500 ribu rupiah per surat sakit.

"Rekaman pertandingan tidak ada artinya, karena hanya siaran langsung yang menyenangkan. Jika tetap terjaga sepanjang malam untuk menonton pertandingan, saya akan sangat mengantuk keesokan harinya, dan bos akan memarahi saya," ucap seorang pria bermarga Liu, seperti dilansir dari cnn.com.

Untuk mendapatkan surat sakit palsu di situs internet, seperti taobao.com, pembeli tidak bisa menemukannya dengan pencarian langsung tentang surat dokter palsu, karena penjual telah menyiasati dengan memberi judul “surat bukti diagnosis”.

Salah satu vendor di internet pun mengklaim dapat memberikan surat sakit dengan catatan konsultasi yang terdaftar di sebuah rumah sakit Beijing. Tapi harganya dua kali lipat daripada surat sakit tanpa catatan resmi.

Untuk mencegah karyawan mengambil cuti sakit palsu, sebuah perusahaan teknologi informasi di provinsi Guangdong, Tiongkok, telah membuat penawaran langka bagi pegawainya. Mereka memberi izin bagi karyawan yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2014, dengan mengambil cuti maksimal tiga hari.

Surat sakit palsu telah menjadi berita utama di Tiongkok sejak tahun 2012, ketika seorang pekerja pos di Hong Kong pernah menggunakan 130 surat sakit yang dibeli dari taobao.com untuk penipuan penggantian biaya dokter senilai lebih dari 28 ribu dolar AS (sekitar 280 juta rupiah), dalam rentang waktu empat tahun. (cnn.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home