Loading...
INSPIRASI
Penulis: Rompu Silalahi 01:00 WIB | Selasa, 09 September 2014

Butet

Mulailah dengan hal-hal kecil. Mulai bukan karena ingin mendapatkan sesuatu, tetapi karena ingin mempersembahkan sesuatu.
Butet Manurung (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM—”Yang membedakan para penerima hadiah ini dengan orang lain ialah mereka memilih bertindak mengenai isu-isu yang dihadapi masyarakat.  Tidak seperti mereka yang memilih hanya mengeluh. Dengan kata lain, mereka tidak puas hanya mengeluh, tetapi terinspirasi untuk bertindak, dengan solusi yang relevan dan bisa direplikasi,” kata Presiden Filipina Benigno Aquino III dalam upacara pemberian Hadiah Magsaysay beberapa waktu lalu.

Memang lebih gampang mengeluh, menyalahkan orang lain, masyarakat sampai pemerintah atas keadaan yang tidak kita sukai.  Ini adalah tindakan untuk tidak mau susah atau masa bodoh ketimbang mengambil tanggung jawab.

Saur Marlina ”Butet” Manurung adalah satu dari sedikit orang yang tidak mau larut dengan keadaan ini.  Melihat maysarakat Orang Rimba yang belum tersentuh dengan pendidikan, ia tidak menunggu, sebaliknya ia memilih untuk bertindak.

Melalui pendekatan antropologis ia mengajar membaca, menulis, dan berhitung yang dilakukan sambil tinggal bersama masyarakat didiknya selama beberapa bulan. Sistem ini dikombinasi dengan mempertimbangkan pola kehidupan sehari-hari masyarakatnya.  Setelah tersusun secara sistematis, ia mengembangkan sistem Sokola Rimba (diambil dari bahasa yang digunakan orang Rimba, salah satu dialek bahasa Melayu).

Pantaslah kalau Butet menerima Hadiah Magsaysay yang bergengsi itu.

Buat Anda dan saya mungkin panggilannya tidak seperti Butet, tetapi yang pasti kita dipanggil untuk melakukan pekerjaan baik.  Dunia ini gelap dan membusuk dan kita dipanggil untuk itu.  Kita ada untuk menerangi dan menggarami dunia ini, bukan untuk mengeluh dan cari selamat sendiri.

Mulailah dengan hal-hal kecil. Mulai lebih perduli dengan orang-orang di sekitar kita tanpa memandang apakah mereka satu kelompok dengan kita atau tidak.  Mulai bukan karena ingin mendapatkan sesuatu, tetapi karena ingin mempersembahkan sesuatu.

Semoga.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home