Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 16:34 WIB | Kamis, 12 Februari 2015

Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari

Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Satwa jenis Kukang jawa (Nycticebus coucang) salah satu jenis satwa nokturnal terlihat diantara ranting pohon yang berada di kaki Gunung Papandayan, Jawa Barat tempat di mana habitatnya hidup. Kukang jawa merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi karena jenis ini hanya ditemukan di pulau Jawa dan juga Indonesia. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Burung jenis Serak jawa (Tyto alba) salah satu jenis burung hantu yang aktif pada malam hari dan masih dapat dijumpai di wilayah Depok, Jawa Barat.
Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Burung jenis Celepuk reban (Otus lempiji) yang umum dijumpai di wilayah kota Jakarta pinggir dengan suara khasnya menjadi salah satu jenis burung yang aktif pada malam hari.
Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Reptil jenis Ular Lidi (Dendrelaphis pictus) salah satu jenis ular yang aktif pada malam hari untuk mencari makan, meski tidak berbisa jenis ular ini umum di jumpai di sekitar alang-alang.
Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Katak pohon hijau (Rhacophorus reinwardtii) merupakan salah satu katak yang memiliki warga yang menarik pada malam hari dan menjadi salah satu jenis katak endemik pulau Jawa.
Cantiknya Melihat Satwa Malam Hari
Satwa mamalia jenis Musang (Paradoxurus hermaphroditus) yang umum dijumpai hampir di seluruh wilayah merupakan jenis satwa karnivora yang mencari makan pada malam hari.

INDONESIA, SATUHARAPAN.COM – Mengenal kehidupan satwa di malam hari menjadi daya tarik tersendiri. Satwa yang biasa tidur di siang hari dan aktif di malam hari ini biasanya disebut dengan nokturnal. Umumnya jenis satwa nokturnal memiliki kemampuan yang sangat peka terhadap penciuman serta pendengaran dan juga penglihatan yang tajam. Maka tak heran jika banyak satwa nokturnal memiliki bola mata yang sedikit besar untuk penglihatannya di sekitar.

Meski tergolong jenis satwa yang jarang dilihat oleh kebanyakan orang, namun jika terlihat penampakannya tidak kalah menariknya dengan jenis-jenis satwa yang bisa dilihat pada pagi hingga siang hari.

Hewan nokturnal mengandalkan kemampuan pendengaran serta penciuman untuk beradaptasi di lingkungan sekitar. Walau dalam keadaan gelap, beberapa jenis satwa ada yang dilengkapi dengan bola mata yang begitu tajam dan dapat beradaptasi meski minim cahaya.

Berikut beberapa jenis satwa yang aktif pada malam hari dan terekam di beberapa wilayah di Jawa Barat dan juga Jakarta, yang diambil pada periode tahun 2012 sampai dengan 2013, diantaranya keluarga mamalia Kukang Jawa (Nycticebus coucang), keluarga reptil Ular Lidi (Dendrelaphis pictus)  dan juga keluarga aves diantaranya burung Serak jawa (Tyto alba) dan burung Celepuk reban (Otus lempiji).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home