Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 21:21 WIB | Selasa, 16 Agustus 2016

Capai Pertumbuhan 5,3 persen, Ini akan Dilakukan Pemerintah

Konferensi pers mengenai nota keuangan pada Rancangan Undang-Undang APBN Tahun 2017, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta pada hari Selasa (16/8). (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah akan melakukan empat upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017.

"Empat yang akan dilakukan yaitu peningkatan investasi, peningkatan daya beli masyarakat, pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu akan memberikan efek ganda pada aktivitas ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi sisi produktivitas," kata dia saat konferensi pers mengenai nota keuangan pada Rancangan Undang-Undang APBN Tahun 2017, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta pada hari Selasa (16/8).

Ia mengatakan kondisi iklim investasi yang saat ini mulai membaik dan promosi investasi dari pusat hingga ke daerah yang saat ini lebih efektif akan memberikan dampak positif dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2017.

Kemudian, pemerintah akan terus berupaya meningkatkan daya beli masyarakat dengan menjaga ketersedian lapangan pekerjaan dan pemerintah akan melanjutkan program bantuan langsung tunai yang lebih tepat sasaran.

"Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan program keluarga harapan akan meningkatkan daya beli masyarakat pada RAPNP tahun 2017," kata dia.

Selain itu, pengeluaran yang lebih besar dibandingkan tahun lalu diharapkan akan memberikan efek ganda terhadap aktivitas ekonomi.

Pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi produksi dengan menitik beratkan pada faktor sektor produktif seperti pertanian.

"Pada sektor pertanian diharapkan tumbuh sebesar 3,9 persen dengan target produksi sebesar Rp 77 Juta ton, salah satu upaya yang dilakukan dengan pencetakan sawah baru," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home