Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 16:48 WIB | Jumat, 12 Agustus 2016

Pemerintah Segera Terbitkan Inpres Pemangkasan APBNP 2016

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo (Foto: Bob H. Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah akan segera mengeluarkan Instruksi Presiden sebagai landasan melakukan penghematan  dan pemotongan anggaran Kementerian/Lembaga dalam upaya menyehatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahaan (APBNP) tahun 2016.

"Inpresnya akan segera keluar, penghematan anggaran masih tetap, lebih dan kurang Rp 65 triliun," kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada hari Jumat (12/8).

Penghematan anggaran dilakukan dengan menghitung realisasi anggaran sampai saat ini lalu akan dikurangi dengan belanja pengawai hingga bulan Desember 2016, belanja sosial, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Indonesia Sehat. 

"Penghematan yang dilakukan tidak akan menganggu pembangunan ekonomi serta kontrak yang sudah dilakukan seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mereka melakukan penghematan anggaran di biaya lelang, bukan kontrak yang sudah dilakukan," kata dia.

Penghematan anggaran juga akan dilakukan sesuai dengan arahan presiden seperti penghematan pada anggaran perjalanan dinas, paket-paket meeting, honorarium pengawai.

"Untuk besaran penghematan secara detail tanya langsung dengan Pak Darmin," kata dia.

Penghematan anggaran ini akan dilakukan hampir di seluruh Kementerian/Lembaga, tidak ada yang terkecuali.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home