Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 15:32 WIB | Jumat, 16 September 2016

Capres Hillary Clinton akan Bertemu Presiden Ukraina Bulan Ini

Capres Hillary Clinton akan Bertemu Presiden Ukraina Bulan Ini
Presiden AS Barack Obama bergabung dengan calon presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton setelah berpidato di Konvensi Nasional Demokrat di Wells Fargo Center di Philadelphia, Pennsylvania pada 27 Juli 2016. AFP PHOTO/Mandel Ngan
Capres Hillary Clinton akan Bertemu Presiden Ukraina Bulan Ini
Kandidat presiden AS dari partai Demokrat, Hillary Clinton, berbicara kepada pendukungnya selama kampanye di Philadelphia, Pennsylvania pada 29 Juli 2016. Eduardo Munoz Alvarez/AFP
Capres Hillary Clinton akan Bertemu Presiden Ukraina Bulan Ini
Calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton merayakan nominasinya pada malam keempat sekaligus terakhir Konvensi Partai Demokrat di Wells Fargo Center 28 Juli 2016 di Philadelphia, Pennsylvania. AFP PHOTO/Robyn Beck

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Calon presiden Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko pada bulan September ini. Pernyataan itu disampaikan oleh tim suksesnya pada hari Rabu (14/09).

Beberapa pejabat mengatakan Hillary Clinton akan bertemu dengan presiden Ukraina itu, yang kesulitan memimpin negaranya sejak Rusia menganeksasi Crimea dan meningkatkan dukungan bagi separatis di wilayah timur negara tersebut.

Calon presiden dari Partai Demokrat yang juga mantan menteri luar negeri itu berharap pertemuan itu, yang akan digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York dalam rangka meningkatkan kepercayaan kebijakan luar negerinya.

Dia juga akan memanfaatkan kesempatan itu untuk mengungkapkan solidaritas kepada Ukraina secara tersirat menyindir rasa hormat kepada Trump terhadap Putin yang disebut Clinton “berbahaya.”

Trump, rival Clinton dari Partai Republik, dikritik karena mengagungkan Putin dan mengatakan presiden Rusia itu pemimpin yang “jauh lebih baik” daripada Presiden AS Barack Obama.

Pejabat Ukraina mengatakan pada hari Rabu (14/9) kemarin, baik Clinton maupun Trump diundang untuk bertemu dengan Poroshenko, tetapi sejauh ini hanya Clinton yang sudah memberi konfirmasi.

Di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB itu, Clinton juga akan menggelar pertemuan dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home