Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:09 WIB | Sabtu, 18 Juni 2022

Cegah Penyebaran Penyakit Infeksi, Pintu Masuk Negara Perlu Diperkuat

Terminal ferry, di Pelabuhan Batam. (Foto ilustrasi dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Munculnya berbagai penyakit infeksi seperti hepatitis akut misterius, monkeypox dan penyakit infeksi lainnya menjadi alarm bagi pemerintah untuk memperkuat kesiapsiagaan, deteksi dan respons di pintu masuk negara untuk mencegah terjadinya transmisi/penularan penyakit baik antar daerah maupun antar negara.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit kembali melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kekarantinaan Kesehatan Tingkat Dasar Tahun 2022 di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Jaya TNI Angkatan Darat, Jakarta.

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan dari KKP Kelas I, II, III, dan IV di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya akan berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 13 Juni sampai 27 Juni 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa sektor kesehatan saat ini dihadapkan pada tantangan baru yang semakin kompleks. ''Diklat kali ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengawasan dan penguatan fungsi deteksi, preventif serta response di pintu masuk negara,'' kata dr. Maxi dalam sambutannya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home