Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Minggu, 05 Juni 2022

Mesir Tolak Kapal Yang Membawa Gandum India, karena Tidak Penuhi Syarat Karantina

Pekerja di pengeringan gandum. (Foto: do. Ist)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Mesir melarang masuknya kapal yang membawa 55.000 ton gandum India yang awalnya ditujukan untuk Turki, karena tidak memenuhi persyaratan karantina, kata kepala karantina tanaman Mesir, Ahmed al-Attar, hari Sabtu (4/6).

“Kami menolak kapal itu sebelum memasuki Mesir,” kata al-Attar kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa otoritas karantina Turki telah memblokir kedatangan kapal tersebut.

Secara terpisah, Mesir, biasanya pengimpor gandum terbesar di dunia, mengharapkan kedatangan pengiriman gandum India pertamanya pada hari Sabtu malam, yang dibeli oleh sektor swasta Mesir.

Menteri Logistik, Aly Moselhy, mengatakan pada bulan Mei bahwa kesepakatan dengan India untuk membeli langsung 500.000 ton gandum di luar sistem tender biasa telah disepakati tetapi belum ditandatangani.

Pada bulan April, kementerian pertanian Mesir mengumumkan telah menyetujui India sebagai sumber pasokan gandum karena negara Afrika Utara itu berusaha untuk menggantikan pembelian yang terganggu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Pemerintah India menegaskan bahwa mereka masih akan mengizinkan pengiriman menunggu bea cukai dan ekspor ke Mesir.

Moselhy sebelumnya mengatakan bahwa larangan India tidak akan berlaku untuk kesepakatan pemerintah dengan Mesir. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home