Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:39 WIB | Jumat, 14 April 2023

China Nyatakan Tidak Jual Senjata pada Pihak dalam Perang di Ukraina

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, kiri, dan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, menghadiri konferensi pers bersama di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing Jumat, 14 April 2023. (Foto: Suo Takekuma/pool via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China tidak akan menjual senjata ke salah satu pihak dalam perang di Ukraina, kata menteri luar negeri negara itu mengatakan hari Jumat (14/4), menanggapi kekhawatiran Barat bahwa Beijing dapat memberikan bantuan militer ke Rusia.

China telah menyatakan bahwa pihaknya netral dalam konflik tersebut, sambil mendukung Rusia secara politik, retoris, dan ekonomi pada saat negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi hukuman dan berusaha untuk mengisolasi Moskow karena invasi ke tetangganya.

Qin Gang adalah pejabat China tingkat tertinggi yang membuat pernyataan eksplisit tentang penjualan senjata ke Rusia. Dia menambahkan bahwa China juga akan mengatur ekspor barang-barang dengan penggunaan ganda sipil dan militer.

“Mengenai ekspor barang-barang militer, China mengadopsi sikap hati-hati dan bertanggung jawab,” kata Qin pada konferensi pers bersama Menlu Jerman, Annalena Baerbock, yang sedang berkunjung. “China tidak akan memberikan senjata kepada pihak-pihak terkait dalam konflik, dan mengelola serta mengontrol ekspor barang-barang penggunaan ganda sesuai dengan hukum dan peraturan.”

Menteri juga menegaskan kembali kesediaan China untuk membantu menemukan resolusi damai atas konflik tersebut.

Pada konferensi pers yang sama, Qin juga menyalahkan pemerintah Taiwan atas meningkatnya ketegangan regional setelah Beijing mengadakan latihan militer besar-besaran dalam upaya untuk mengintimidasi pulau yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri.

Pada bulan Februari, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan bahwa AS memiliki intelijen yang menyebutkan China mempertimbangkan untuk memberikan senjata dan amunisi ke Rusia, dan memperingatkan bahwa keterlibatan seperti itu dalam upaya perang Kremlin akan menjadi "masalah serius".

Dalam beberapa hari terakhir, para pemimpin Eropa telah mengeluarkan peringatan serupa, bahkan ketika mereka mengunjungi China, dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengecam Beijing, mengatakan dukungannya terhadap Rusia selama invasi adalah "pelanggaran terang-terangan" terhadap komitmennya di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Dalam sambutannya, Baerbock juga merujuk pada peran China sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dengan mengatakan bahwa negara itu memikul tanggung jawab khusus untuk membantu mengakhiri konflik.

“Tapi saya harus bertanya-tanya mengapa posisi China sejauh ini tidak menyertakan seruan untuk agresor, Rusia, untuk menghentikan perang,” katanya. “Kita semua tahu bahwa Presiden (Vladimir) Putin akan memiliki kesempatan untuk melakukannya kapan saja, dan orang-orang di Ukraina tidak menginginkan apa pun selain akhirnya dapat hidup dalam damai lagi.”

Kunjungan ke Moskow bulan lalu oleh pemimpin China, Xi Jinping, menggarisbawahi bagaimana Beijing semakin menjadi mitra senior dalam hubungan tersebut karena memberi Rusia garis hidup ekonomi dan perlindungan politik. China mengumumkan hari Jumat bahwa Menteri Pertahanan Jenderal Li Shangfu akan mengunjungi Rusia pekan depan untuk bertemu dengan mitranya Sergei Shoigu dan pejabat militer lainnya.

Baik di Ukraina maupun Taiwan, Qin mengartikulasikan pertahanan usang terhadap kebijakan China yang menggarisbawahi penolakan Beijing terhadap kritik dari Barat, khususnya AS. Di bawah Xi yang sangat nasionalis, China telah mempertajam retorikanya, terutama pada masalah Taiwan, yang memisahkan diri dari Cina daratan di tengah perang saudara pada tahun 1949.

Ketegangan di sekitar pulau itu meningkat secara signifikan setelah China mengerahkan kapal perang dan pesawat tempur di dekat Taiwan akhir pekan lalu sebagai pembalasan atas pertemuan antara Ketua Kongres AS, Kevin McCarthy, dan presiden pulau itu, Tsai Ing-wen.

China bersikeras bahwa Taiwan yang berpemerintahan sendiri tunduk pada pemerintahannya, baik secara damai atau paksa, dan Qin mengatakan upaya kemerdekaan oleh pemerintah Taiwan dan pendukung asingnya, referensi terselubung ke sekutu utama Amerika Serikat, adalah alasan ketegangan.

Baerbock memperingatkan bahwa konflik di Selat Taiwan, yang dilalui sebagian besar perdagangan internasional dunia, akan membawa bencana global.

“Oleh karena itu, kami memandang meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan dengan sangat memprihatinkan,” katanya. “Konflik harus diselesaikan secara damai. Perubahan status quo sepihak tidak akan dapat diterima oleh kami sebagai orang Eropa.”

Rupanya menolak kekhawatiran Baerbock, Qin mengatakan Taiwan adalah "urusan internal China. Kemerdekaan dan perdamaian Taiwan tidak bisa hidup berdampingan,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home