Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 12:42 WIB | Rabu, 11 Januari 2023

China Tangguhkan Visa Warga Korsel, Balasan Atas Wajib Tes COVID-19

Penumpang yang tiba dari China melewati pusat pengujian COVID-19 di Bandara Internasional Incheon di Incheon, Korea Selatan, Selasa, 10 Januari 2023. China menangguhkan visa pada hari Selasa (10/1) bagi warga Korea Selatan yang datang ke negara itu untuk pariwisata atau bisnis sebagai pembalasan yang nyata untuk persyaratan pengujian COVID-19 pada pelancong China. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China menangguhkan penerbitan visa pada Selasa untuk warga Korea Selatan yang datang ke negara itu untuk pariwisata atau bisnis sebagai pembalasan nyata atas persyaratan pengujian COVID-19 yang diberlakukan oleh Korea Selatan pada pelancong China, menurut pemberitahuan yang diposting oleh Kedutaan Besar China di Seoul.

Layanan Kyodo News Jepang mengatakan larangan itu juga akan memengaruhi pelancong Jepang. Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan pemerintah mengetahui laporan tersebut dan mengadakan diskusi tidak resmi dengan pihak berwenang China tentang langkah-langkah yang sedang dipertimbangkan oleh Beijing.

Akan “disesalkan” jika pembatasan diberlakukan, kata pejabat itu, berbicara dengan syarat anonimitas.

Pemberitahuan singkat, yang dipublikasikan di akun WeChat kedutaan, mengatakan larangan itu akan berlanjut sampai Korea Selatan mencabut “tindakan diskriminatif saat masuk oleh China” ke negara tersebut.

Tidak ada perincian lain yang diberikan, meskipun China mengancam akan membalas negara-negara yang mewajibkan pelancong dari China untuk menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 yang diambil dalam 48 jam sebelumnya. Pengumuman itu tampaknya hanya berlaku untuk pelamar baru, dan tidak mengatakan apa pun tentang warga Korea Selatan yang saat ini memegang visa.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Langkah pemerintah kami untuk memperkuat tindakan anti-virus pada penumpang yang datang dari China didasarkan pada bukti ilmiah dan obyektif. Kami telah memberikan informasi kepada komunitas internasional secara transparan dan kami telah berkomunikasi dengan pihak China sebelumnya.”

Dampak pada Ekonomi

Penahanan visa China dari pengusaha Korea Selatan atau Jepang dapat menunda kebangkitan aktivitas komersial dan potensi investasi baru setelah China mencabut kontrol anti-virus secara tiba-tiba.

Grup bisnis memperingatkan sebelumnya bahwa perusahaan global mengalihkan rencana investasi dari China karena terlalu sulit bagi eksekutif asing untuk berkunjung. Sejumlah mobil asing dan eksekutif lainnya telah mengunjungi China selama tiga tahun terakhir, tetapi perusahaan mengandalkan karyawan atau manajer China yang sudah ada di negara itu untuk menjalankan operasi mereka.

Seorang pemilik restoran Korea Selatan di Beijing mengatakan pengumuman tersebut memaksa teman-temannya untuk menunda rencana mengunjungi China. Dia berbicara dengan syarat anonim karena khawatir bisnisnya mungkin terpengaruh. Dia menambahkan bahwa dia sedang bersiap untuk memperbarui visa kerja China-nya sendiri dan tidak tahu apakah itu akan terpengaruh.

China belum mengatakan kapan akan melanjutkan penerbitan visa turis dalam skala besar.

Dalam panggilan telepon dengan timpalannya dari Korea Selatan, Park Jin, Menteri Luar Negeri China Qin Gang "menyatakan keprihatinan" tentang tindakan yang diambil oleh Korea Selatan dan mengatakan dia "berharap pihak Korea Selatan akan menjunjung tinggi sikap objektif dan ilmiah."

Langkah China tampaknya didasarkan pada tuntutannya agar warganya diperlakukan sama dengan negara lain. Sekitar selusin negara telah mengikuti AS dalam mewajibkan tes negatif untuk pelancong yang datang dari China, yang telah mencabut sebagian besar pembatasan "nol-COVID" untuk pertama kalinya dalam tiga tahun tetapi juga telah mengalami wabah besar sejak bulan lalu.

Pada pengarahan harian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, membela tindakan anti pandemi China, menambahkan bahwa “Sayangnya, beberapa negara, dengan mengabaikan sains dan fakta serta kenyataan di dalam negeri, telah bersikeras mengambil tindakan pembatasan masuk yang diskriminatif yang menargetkan China. China dengan tegas menolak ini dan mengambil tindakan timbal balik.”

Wang tidak menanggapi secara langsung pertanyaan tentang penangguhan penerbitan visa untuk Korea Selatan dan Jepang, hanya mengatakan bahwa dia telah "membuatnya sangat jelas".

WHO Tuding China Sembunyikan Data

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan beberapa negara menuduh China menyembunyikan data tentang wabahnya. Persyaratan pengujian ditujukan untuk mengidentifikasi potensi varian virus yang dibawa oleh para pelancong.

Duta Besar China untuk Australia mengatakan tanggapan negara-negara tersebut terhadap wabah COVID-19 China tidak proporsional atau konstruktif.

Xiao Qian mengatakan kepada wartawan di Canberra bahwa China telah mengubah strateginya akhir tahun lalu dari mencegah infeksi menjadi mencegah kasus yang parah. Dia mengatakan negara-negara harus menggunakan respons berbasis sains.

“Pembatasan masuk, jika menargetkan ke China, itu tidak perlu,” kata duta besar kepada wartawan.

“Jika Anda melihat beberapa negara lain di dunia dan kebijakan mereka terhadap China, maksud saya, tindakan tanggung jawab mereka terhadap China (tidak) konstruktif. Itu tidak didasarkan pada sains. Itu tidak proporsional,” katanya.

Memilih Korea Selatan sebagai Pembalasan Pertama

Pemberitahuan online di kedutaan di Seoul tidak mengatakan mengapa China memilih Korea Selatan untuk pembalasan, meskipun presiden dan pemerintah nasionalis pemimpin Partai Komunis Xi Jinping telah lama membenci aliansi Seoul dengan AS.

Hubungan yang dulu akrab antara Korea Selatan dan mitra dagang terbesarnya memburuk setelah China menargetkan bisnis, tim olahraga, dan bahkan grup K-pop untuk memprotes penyebaran sistem anti-rudal AS yang canggih di Korea Selatan.

China bertempur di pihak Korea Utara dalam perang 1950-1953 dan tetap menjadi pendukung Korea Utara di tengah peluncuran rudal dan uji coba nuklirnya, dan menentang sanksi lebih lanjut terhadap pemerintah garis keras Kim Jong Un.

China tiba-tiba membatalkan persyaratan penahanan pandemi yang ketat bulan lalu sebagai tanggapan atas apa yang dikatakannya sebagai perubahan sifat wabah. Itu terjadi setelah tiga tahun penguncian, karantina, dan pengujian massal yang memicu protes di jalan-jalan di Beijing dan kota-kota besar lainnya yang tidak terlihat dalam tiga dekade.

Prakiraan paling optimis mengatakan aktivitas bisnis dan konsumen China mungkin akan bangkit kembali pada kuartal pertama tahun ini. Tetapi sebelum itu terjadi, pengusaha dan keluarga menghadapi tekanan yang menyakitkan dari lonjakan kasus virus yang telah membuat pengusaha tidak memiliki cukup pekerja yang sehat dan menjauhkan pelanggan yang waspada dari pusat perbelanjaan, restoran, salon rambut, dan pusat kebugaran.

Keputusan pemerintah Xi untuk mengakhiri kontrol yang menutup pabrik dan membuat jutaan orang tetap di rumah akan meningkatkan garis waktu untuk pemulihan ekonomi tetapi mungkin mengganggu aktivitas tahun ini karena bisnis berebut untuk beradaptasi, kata para peramal.

China sekarang menghadapi lonjakan kasus dan rawat inap di kota-kota besar dan bersiap untuk penyebaran lebih lanjut ke daerah-daerah yang kurang berkembang dengan dimulainya perjalanan terburu-buru Tahun Baru Imlek, yang akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, penerbangan internasional masih dikurangi, pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan perjalanan kereta api dan udara domestik akan berlipat ganda selama periode yang sama tahun lalu, sehingga jumlah keseluruhan mendekati periode liburan 2019, sebelum pandemi melanda. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home