Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:09 WIB | Minggu, 22 Januari 2023

Chris Hipkins Perdana Menteri Baru Selandia Baru

Chris Hipkins, kanan, dan Carmel Sepuloni pada konferensi pers di Parlemen di Wellington, hari Minggu, 22 Januari 2023. Hipkins dikukuhkan pada hari Minggu sebagai perdana menteri Selandia Baru berikutnya dan dia memilih Sepuloni sebagai wakilnya, menandai pertama kalinya seseorang dengan warisan Pulau Pasifik telah naik ke peringkat itu. (Foto: AP/Nick Perry)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM - Chris Hipkins dikukuhkan pada hari Minggu (22/1) sebagai Perdana Menteri Selandia Baru berikutnya dan dia memilih Carmel Sepuloni sebagai wakilnya. Ini menandai pertama kalinya seseorang dengan warisan Kepulauan Pasifik naik ke peringkat itu.

Hipkins mendapat dukungan bulat dari anggota parlemen dari Partai Buruh setelah dia menjadi satu-satunya kandidat yang mengikuti kontes untuk menggantikan Jacinda Ardern, yang mengejutkan negara pada hari Kamis (19/1) ketika dia mengumumkan dia mengundurkan diri setelah lebih dari lima tahun sebagai pemimpin.

Hipkins akan secara resmi dilantik untuk peran barunya pada hari Rabu (25/1). Dia akan memiliki waktu kurang dari sembilan bulan sebelum mengikuti pemilihan umum yang sulit, dengan jajak pendapat menunjukkan partainya tertinggal dari oposisi konservatifnya.

Kurangnya kandidat lain untuk pemimpin menunjukkan bahwa anggota parlemen partai telah mendukung Hipkins untuk menghindari kontes yang berlarut-larut dan tanda-tanda perpecahan setelah kepergian Ardern.

Dalam menetapkan prioritasnya, Hipkins mengatakan dia tahu banyak keluarga sedang berjuang karena "pandemi inflasi" dan ekonomi akan menjadi pusat pemikiran pemerintahnya.

Ketika ditanya apakah dia akan mengambil pendekatan transformasional yang sama dengan pemerintah yang telah dijanjikan Ardern setelah pertama kali memenangkan jabatan puncak, Hipkins mengindikasikan dia ingin kembali ke dasar.

“Kami akan memberikan pemerintahan yang sangat solid yang berfokus pada masalah roti dan mentega yang penting bagi warga Selandia Baru, dan yang relevan dengan zaman kita sekarang,” kata Hipkins. “2017 adalah lima setengah tahun yang lalu, dan banyak hal telah terjadi sejak saat itu.”

Seperti Hipkins, Sepuloni pertama kali menjadi anggota parlemen 15 tahun yang lalu dan baru-baru ini mengambil portofolio pembangunan sosial dan ketenagakerjaan sebagai salah satu menteri utama pemerintah.

Dia mengatakan "sangat sulit untuk membayangkan bahwa seorang gadis kelas pekerja" dari sebuah kota kecil di Selandia Baru dapat menjadi wakil perdana menteri.

“Saya ingin mengakui pentingnya hal ini bagi komunitas Pasifik kita,” kata Sepuloni. “Saya bangga sebagai orang Samoa, Tonga, dan Eropa Selandia Baru, dan mewakili generasi Selandia Baru dengan warisan campuran.”

Sepuloni mengatakan dia telah menerima banyak pesan merendahkan tentang langit-langit kaca lain yang dihancurkan.

Pemimpin oposisi Christopher Luxon mengatakan kepada wartawan bahwa dia memberi selamat kepada Hipkins melalui SMS. Tetapi Luxon mengatakan Hipkins dan Sepuloni telah menjadi bagian dari pemerintahan yang telah "gagal secara spektakuler" untuk menyelesaikan sesuatu dan setelah pergantian kepemimpinan, itu akan menjadi lebih sama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home