Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:20 WIB | Jumat, 21 Agustus 2015

Ciliwung Merdeka Pernah Tawarkan Bangunan di Tengah Ciliwung

Ilustrasi: Seorang anak Sekolah Dasar (SD) saat melintasi jalan pemukiman Kampung Pulo di antara reruntuhan rumah yang telah dibongkar oleh aparat untuk direlokasi. (Foto: Dok. Satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pernah membahas rencana pembangunan rumah susun di tengah Kali Ciliwung bersama Komunitas Ciliwung Merdeka. Waktu itu, ujar Ahok, pemprov telah menyetujui pembangunan itu. Namun, sebelum dibangun, pemprov harus terlebih dahulu menahan kali dengan sheet pail.

“Waktu itu datang dari Ciliwung Merdeka, mereka menawarkan saya suatu konsep di tengah Kampung Pulo, maunya dibangunkan apartemen rusun di sana. Saya sanggupin, malah saya tawarkan kalau warga ada sertifikat, saya kasih ganti konversi 1,5 kali,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (21/8).

Namun, saat itu, Ahok meminta warga bersabar. Untuk sementara waktu, warga akan direlokasi di Rusun Jatinegara Barat. Bila nanti rusun sekelas apartemen di Kali Ciliwung jadi, warga yang tinggal di Jatinegara Barat boleh pindah ke bangunan tersebut.

“Ini agar jelas, agar Kampung Pulo bebas banjir. Untuk tahap awal, sesuai perjanjian, saya butuh 15 meter kiri kanan sungai untuk sheet pail dan pasang pompa. Tapi sekarang Anda menolak,” ujar Ahok.

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI telah menyediakan rusun. Rusun yang disediakan merupakan Rusun Jatinegara Barat yang dibangun atas kerja sama Pemerintah Provinsi DKI dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Di rusun yang disediakan, terdapat 527 unit siap huni.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home